7+ Cara Meningkatkan DA PA Blog dengan Aman dan Cepat

Cara meningkatkan DA PA blog memang tidak mudah, akan tetapi ada beberapa usaha yang layak dicoba.Domain Authority dan Page Authority berperan memudah
Daftar Isi [Tutup]

    Bagi Anda yang mempunyai blog sendiri tentunya sudah familiar dengan istilah DA PA. DA merupakan singkatan dari Domain Authority. Sedangkan PA merupakan singkatan dari Page Authority. Cara meningkatkan DA PA blog memang tidak mudah, akan tetapi ada beberapa usaha yang layak dicoba.

    Domain Authority dan Page Authority berperan memudahkan urusan Anda dalam hal meninjau performa suatu website atau blog. Skala skor DA PA adalah 1 sampai dengan 100. Semakin tinggi skor DA PA, peluang blog makin tinggi untuk muncul di posisi teratas saat browsing. Meskipun DA bukan satu-satunya faktor penentu ranking blog di Google.

    Cara Meningkatkan DA PA Blog

    Cara cek DA PA Blog tidak terlalu sulit. Anda bisa mengikuti panduan di internet. Domain Authority bisa digunakan sebagai metrik pembanding antara website milik Anda dengan website kompetitor. Dengan begitu, skor DA maupun PA bisa dijadikan bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas website. 

    Jika ingin menghasilkan sesuatu yang besar, tidak semuanya bisa diperoleh secara instant. Begitupula dalam rangka usaha cara memaksimalkan website, salah satunya meningkatkan DA PA perlu ketekunan dan kesabaran. Sebab persaingan dengan kompetitor lain juga banyak serta kompetitif. 

    Berikut cara meningkatkan Domain Authority dan Page Authority blog yang dapat Anda coba:

    Baca juga: 4+ Cara Cek Blog Valid AMP atau Tidak di Halaman Mobile

    1. Meriset Konten Milik Kompetitor

    Hal pertama yang dapat Anda coba sebelum memutuskan membuat konten dengan tema atau topik tertentu, yaitu Anda bisa mencoba melakukan riset terhadap kompetitor yang mempunyai blog dengan tema serupa. Hal ini termasuk cara meningkatkan DA PA blog Anda.

    Misalnya Anda ingin menulis tentang “rekomendasi wisata di Bali” maka bisa mencari keyword tersebut di search engine lalu menganalisis konten-konten yang muncul di mesin pencarian teratas. Anda bisa mempelajari apa saja keyword yang digunakan, jumlah kata, sumber referensi, isi dari headings hingga subheadings, dll. 

    Nah, setelah mengetahui struktur konten dari kompetitor, Anda bisa membuat sebuah artikel yang sekiranya lebih lengkap dan menarik dibandingkan kompetitor. Tambahkan elemen-elemen pendukung untuk membuat artikel semakin informatif dengan gambar, video, infografis, tabel, dan lain sejenisnya. 

    2. Meningkatkan Kualitas Konten

    Konten yang berkualitas termasuk penentu kesuksesan blog. Buatlah konten original dan bukan plagiat dari blog atau website milik orang lain. Google cenderung menyukai konten yang fresh dan tentunya original. Untuk membuat konten artikel seperti itu, dibutuhkan riset dan kata kunci yang relevan.

    Selain itu, ciptakan artikel human friendly dan usahakan Anda mengunggah update konten secara berkala. Jangan terlalu memperhatikan kuantitas hingga melupakan kualitas. Tingkatkan kualitas konten, dengan isi yang unik dan menarik serta sesuai dengan kebutuhan informasi yang dicari pengunjung blog.

    3. Mengoptimasi SEO On-Page

    Cara meningkatkan DA PA blog berikutnya yaitu dengan melakukan optimasi SEO on-page. Dengan adanya optimasi SEO on-page, Google lebih mudah untuk memahami isi konten blog milik Anda, apakah sudah sesuai dengan permintaan yang diinginkan oleh pengguna atau belum. 

    Faktor-faktor SEO on-page bermacam-macam. Berikut ada beberapa faktor yang mempengaruhi:

    • Penulisan keyword yang diletakkan dalam posisi senatural mungkin dalam isi artikel atau konten.
    • Mengurutkan headings dan subheading dengan terstruktur mulai dari H1, H2, H3, dan seterusnya pada setiap konten yang diunggah. 
    • Mengoptimasi penambahan media seperti foto, video, atau lainnya di setiap konten.
    • Melakukan update konten yang berkualitas dan memberikan manfaat kepada pengguna secara rutin. 
    • Menyelipkan internal links untuk mengarahkan ke halaman lain. 

    Selain yang disebutkan di atas, masih ada beberapa cara lain untuk optimasi SEO on-page. Anda bisa mencarinya di internet untuk mendapatkan sumber yang lebih lengkap tentang SEO on-page.

    Baca juga: 4+ Cara Cek DA PA Blog Untuk Kepentingan SEO

    4. Optimasi SEO Off-Page

    Tidak hanya SEO on-page, mengoptimasi SEO off-page juga penting untuk dilakukan. Ibaratnya Anda memaksimalkan hal-hal internal website melalui on-page, maka off-page mengutamakan hal-hal external website. 

    Faktor yang menunjang kualitas SEO off-page ada berbagai macam. Misalnya link building, brand mention, engagement di sosmed, review, dan lain-lain. Jika Anda melakukan optimasi SEO on-page, maka disarankan untuk melakukan hal yang sama terhadap off-page. 

    5. Membangun Internal Link

    Blog membutuhkan internal link yang kuat untuk mendapatkan SEO yang tangguh. Sebaliknya, bila blog milik Anda tidak mempunyai internal link, maka blog tersebut akan lemah dalam SEO. Maka dari itu, memasukkan internal link dalam konten Anda bisa memungkinkan untuk meningkatkan Domain Authority.

    Cara membangun internal link yang kuat, Anda bisa mulai memperbanyak konten artikel atau lainnya yang saling relevan sehingga dapat dikaitkan atau dihubungkan dengan internal link. Adanya internal link akan menguntungkan pengunjung blog untuk menemukan konten yang relevan. 

    6. Mengoptimasi Technical SEO

    Melakukan optimasi technical SEO cukup penting karena termasuk penentu keberhasilan SEO off-page dan on-page. Apabila struktur dasar blog dinilai sudah cukup rapi, search engine bots akan lebih mudah mengcrawling blog Anda. 

    Berikut ada beberapa cara meningkatkan DA PA blog dengan optimasi technical SEO:

    1. Mendaftarkan website ke Google Search Console. Tools gratis dari Google ini membuat Anda bisa mengirimkan situs web ke mesin pencari supaya dapat terindeks. Dengan begitu, situs baru Anda bisa tampil di hasil pencarian. 
    2. Membuat sitemap XML yang akan dikirimkan ke Google Search Console agar bisa terindeks. Jika Anda kebingungan cara membuatnya, maka bisa mencari tutorial membuat sitemap di internet.
    3. Memasang Secure Sockets Layer atau SSL untuk memberikan jaminan keamanan serta meningkatkan reputasi baik website atau blog Anda di mata Google.

    Ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan selain cara di atas seperti mengaktifkan Google AMP atau mengatasi konten yang duplikat. 

    7. Meningkatkan Kecepatan Halaman Website

    Page speed atau kecepatan halaman website atau blog menjadi salah satu faktor penentu ranking yang ada di Google. Bila Anda ingin mengecek kecepatan halaman website Anda, maka bisa menggunakan tool PageSpeed Insight Tool yang disediakan oleh Google. 

    Anda tinggal memasukkan link blog Anda ke dalam kolom analisis, lalu menunggu hingga tools tersebut menampilkan hasilnya. Dari hasil kecepatan blog, Anda bisa menjadikannya sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kecepatan halaman. 

    Anda bisa melakukan beberapa hal seperti menggunakan plugin cache, mengoptimasi ukuran foto dan video, menghapus plugins yang sekiranya tidak penting, dan lain sebagainya.

    Baca juga: Apa itu DA PA Blog? Pengertian dan Cara Meningkatkannya

    8. Rajin Mengunggah Konten Baru 

    Cara meningkatkan nilai DA PA blog selanjutnya yaitu dengan rajin mengunggah konten baru. Anda tidak boleh melewatkan langkah satu ini. Karena bisa jadi dengan konten-konten berkualitas yang baru diunggah bisa menarik pengunjung dan menaikkan popularitas blog milik Anda. 

    Konten-konten yang telah lama diunggah bisa di-update kembali dengan berbagai cara. Misalnya menambah jumlah kata, memasukkan keyword yang relevan, atau menyisipkan internal link.

    Itulah beberapa cara meningkatkan DA PA blog yang bisa Anda lakukan. Mengecek DA PA blog atau bisa membantu Anda untuk mengetahui perkembangan website. Jangan lupa untuk meningkatkan kualitas website atau blog Anda supaya pengunjung betah dan menyukai konten dari blog Anda.

    Anda mungkin menyukai postingan ini

    1 komentar

    1. Bagus banget artikelnya, dan memberi banyak ilmu dan pengetahuan. Thanks Gaes. https://bit.ly/3RvUrId
    1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
    2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>