Apa itu DA PA Blog? Pengertian dan Cara Meningkatkannya

Bagi orang yang berkecimpung di dunia konten dalam website mungkin sudah familiar dengan pertanyaan apa itu DA PA?
Daftar Isi [Tutup]

    Bagi orang yang berkecimpung di dunia konten dalam website mungkin sudah familiar dengan pertanyaan apa itu DA PA. Secara sederhana, DA dan PA adalah dua tolok ukur dari kualitas suatu website. Ukuran ini kadang menjadi patokan akan seberapa berkualitasnya sebuah website.

    Semakin tinggi skor dari DP dan PA ini, maka bisa dipastikan bahwa peringkat website di SERP Google akan sangat tinggi. Begitu juga sebaliknya, jika skornya buruk maka peringkat website mungkin saja tidak terlalu baik kondisinya.

    Apa Itu DA PA Blog?

    Sebelum membahas lebih dalam, tentu saja sebagai permulaan Anda harus paham terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan DA dan PA itu sendiri. Karena walaupun istilah ini cukup umum, masih banyak orang yang tidak memahami cara kerja dan skoring dari tolok ukur ini.

    Penilaian DA PA ini erat kaitannya dengan optimasi SEO yang diterapkan pada website. Berikut ini adalah penjelasan masing-masing dari DA dan PA itu sendiri.

    Mengenal DA (Domain Authority)

    DA merupakan singkatan dari istilah Domain Authority. Domain Authority merupakan skor yang diberikan oleh sistem MOZ pada pencarian Google. Penilaian tersebut didasarkan dari skor SEO yang dimiliki oleh sebuah website.

    Semakin besar nilai Domain Authority dari sebuah website, hal ini berarti semakin besar pula peluang website untuk ranking di halaman pertama pencarian. Skor Domain Authority dipresentasikan dengan angka mulai dari 1 sampai yang paling tinggi adalah 100.

    Skor dari Domain Authority ini juga dipengaruhi dari berapa lama sebuah website sudah beroperasi. Semakin lama usia dari sebuah domain, ada kemungkinan nilai Domain Authoritynya semakin besar pula.

    Baca juga: Cara Custom Domain Blogspot

    Mengenal PA (Page Authority)

    Berpasangan dengan DA, PA adalah kependekan dari istilah Page Authority. Sama seperti Domain Authority, skor Page Authority diberikan oleh sistem MOZ dari sistem pencari Google.

    Namun, penilaiannya tidak diberikan pada website, melainkan hanya pada halaman website atau blog saja. Skor ini juga direpresentasikan dengan nilai mulai dari angka 1 sampai 100. Skor Page Authority lebih mengacu pada kualitas konten yang di posting di halaman website.

    Semakin tinggi skornya, maka bisa dikatakan kontennya semakin berkualitas. Dalam pemberian skor Domain Authority maupun Page Authority biasanya berkaitan. Hal ini yang menjadi penyebab bahwa biasanya dua skor ini besarnya tidak terlalu jauh.

    Cara Menaikan Skor DA dan PA

    Setelah mengetahui yang dimaksud dengan DA PA, selanjutnya akan dibahas cara mengembangkan kedua indikator kualitas dari website ini. Dari penjelasan sebelumnya, bisa Anda ketahui jika kedua skor ini sangat penting untuk menentukan rangking website dalam sistem pencarian.

    Berikut ini ada beberapa hal yang bisa para pengembang website lakukan untuk dapat mengembangkan skor Domain Authority maupun Page Authoritynya. Untuk menaikkan kedua skor tersebut, kedua cara ini terbilang cukup efektif.

    Baca juga: 10+ Tempat Beli Template Blogger

    1. Lakukan Optimasi Pada Konten yang Diupload

    Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya tentang DA dan PA bahwa kedua skoring ini sangat berhubungan dengan optimasi SEO yang diterapkan pada website.

    Karena itu, untuk menaikan skor Domain Authority maupun Page Authority para pengembang website harus fokus. Terutama, pada konten yang berbentuk tulisan dan artikel.

    Setiap konten harus dioptimasi misalnya pada artikel, konten, meta deskripsi, meta tittle, gambar, dan sebagainya. Hal ini untuk memaksimalkan skor SEO dari konten.

    2. Berikan internal Link

    Keberadaan internal link pada konten website ternyata cukup penting. Namun, masih banyak para pengembang website yang meragukan dan menyepelekan efek dari internal link ini. Padahal, rekomendasi website lain ke website yang dikembangkan bisa mempengaruhi skor.

    Bisa dikatakan, semakin banyak website direkomendasikan ke link yang Anda miliki, maka semakin berkualitas juga konten yang Anda miliki. Hal ini bisa mempengaruhi penilaian dari MOZ terhadap konten yang Anda upload.

    3. Jangan Gunakan Backlink yang Tidak Berkualitas

    Jika para pengembang website ini memasukkan backlink pada website, maka Anda harus berhati-hati dalam menentukan backlink. Lakukan audit pada backlink yang tersambung pada konten dalam artikel.

    Hapus backlink yang memiliki skor dan performa buruk atau tidak berkualitas. Untuk selanjutnya, hindari penggunaan backlink yang tidak berkualitas. Fokus menyambungkan website dengan website lain dengan kualitas yang baik.

    4. Tingkatkan Penggunaan Antarmuka Website

    Dalam pembahasan mengenai DA dan PA sebelumnya, dapat Anda ketahui bahwa pengalaman penggunaan bisa mempengaruhi skoring kedua indikator ini. Karena itu, ada baiknya untuk mengatur antarmuka website agar lebih nyaman saat Anda gunakan.

    Tidak hanya itu, pastikan website sudah mobile friendly atau mudah dan bisa Anda gunakan dalam perangkat mobile. Selain itu, lakukan juga optimasi loading website. Hal ini untuk mendukung proses website yang lebih cepat dan akses yang semakin nyaman.

    5. Lakukan Riset Terlebih Dahulu pada Konten Kompetitor

    Untuk mengetahui apa itu DA dan PA dan meraih skoring yang tinggi pada keduanya, maka tidak ada salahnya untuk melakukan riset pada website yang menjadi kompetitor. Apalagi, jika website kompetitor tersebut berhasil meraih skor yang lebih tinggi.

    Tidak ada salahnya untuk melihat dan mempelajari website kompetitor atau website lain yang memiliki niche yang tidak jauh berbeda. Kemudian, mempelajari pola konten dan kualitas dari konten yang diupload oleh website kompetitor ini.

    Informasi dari riset ini bisa para pengembang website gunakan guna untuk mengembangkan website sendiri. Dengan mengetahui kualitas dari website kompetitor, maka para pengembang website bisa membuat website yang lebih baik dari kompetitor.

    Baca juga: 11+ Template Blogger AMP

    6. Buatlah Konten yang Berkualitas

    Pada dasarnya DA dan PA sangat bergantung pada kualitas dari konten yang dibuat oleh para pengembang website. Karena itu, tidak heran hal yang seharusnya menjadi fokus utama para pengembang adalah kualitas dari konten itu sendiri.

    Meningkatkan kualitas konten adalah cara terbaik untuk meningkatkan skor Page Authority maupun Domain Authority. Dengan mengelola skor SEO dengan baik dan mengoptimasinya, maka peningkatan skor terhadap DA maupun PA bisa Anda raih secara bertahap.

    7. Buat Konten yang Mudah Dinikmati

    Jangan hanya fokus pada kualitas dari konten saja, tidak semua orang bisa menikmati konten yang ditulis dengan bahasa dan cara sulit.

    Meskipun hal tersebut dapat menaikan kualitas dari sebuah konten. Namun, para pembuat website juga harus mempertimbangkan orang-orang yang mengakses website yang mereka kelola.

    Pastikan informasi dan konten yang dimasukkan ke dalam website bisa para pengunjung terima dengan sangat baik.

    Karena itu, penting untuk tidak hanya membuat konten yang berkualitas namun juga konten yang mudah pengunjung baca dan cerna. Hal ini tidak hanya akan meningkatkan skor Page Domain Authority. Namun juga grafik pengunjung dari website.

    Itulah penjelasan mengenai apa itu DA PA dan juga berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkat skor baik DA maupun PA. Dua skoring ini memang merupakan aspek penting dari sebuah situs web.

    Anda mungkin menyukai postingan ini

    2 komentar

    1. Bang mau tanya apa keuntungan mempunyai blog dengan da pa tinggi?
      • Banyak bro salah satunya ini, 1. Mudah indeks, 2. peluang mendapatkan peringkat teratas tinggi, 3. harga satuan paid post / content placement biasanya tambah mahal, 4. Nilai jual web tambah tinggi. Di lain sisi naikin da pa blog juga ada cara cepatnya bisa pake jasa kalo mau cara cepatnya tapi kekurangannya meski da pa tinggi ngak begitu ngaruh ke rangking blog.
    1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
    2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>