4+ Cara Cek DA PA Blog Untuk Kepentingan SEO

maka itu juga menunjukkan sebaik apa kualitas blog Anda. Cara cek DA PA blog adalah salah satu jalan untuk mengetahui kualitas blog Anda.

Dalam membangun sebuah blog atau website, Anda tentu sudah memikirkan topik yang ingin Anda tuliskan. Semakin banyak pembaca pada blog, maka itu juga menunjukkan sebaik apa kualitas blog Anda. Cara cek DA PA blog adalah salah satu jalan untuk mengetahui kualitas blog Anda.

Anda perlu mengetahui bagaimana perkembangan dari blog Anda agar bisa mengoptimalkan fungsi blog. Kualitas blog yang baik harus memenuhi berbagai aturan dalam sistem. Semakin baik kualitas blog, maka blog akan berkemungkinan besar untuk tampil pada laman pertama di mesin pencarian.

Pengertian DA/PA

Bagi Anda yang sudah lama berada pada dunia digital terutama blog, tentu sudah tidak akan asing dengan istilah DA PA Blog. DA PA adalah salah satu ukuran untuk menentukan kualitas dari suatu blog.

DA adalah singkatan dari Domain Authority yang merupakan skor untuk menghitung kualitas sebuah blog. DA menunjukkan kekuatan blog pada mesin dan bermanfaat untuk memprediksi sebaik apa kualitas keadaan blog dalam peringkat hasil mesin pencarian.

PA adalah singkatan dari Page Authority. Istilah ini merupakan skor untuk menghitung kualitas blog dan skor ini bermanfaat untuk mengetahui dan memberikan prediksi sebaik apa blog yang berada pada situs URL.

Skor yang digunakan pada DA PA in SEO adalah 1 sampai 100 dengan arti jika skor semakin tinggi maka blog tersebut memiliki potensi lebih baik untuk tampil lebih awal pada mesin pencarian.

Baca juga: Apa itu DA PA Blog? Pengertian dan Cara Meningkatkannya

Cara Cek DA PA Blog

Nah, saat ini Anda sudah memahami betapa pentingnya untuk mengetahui peringkat blog Anda pada DA dan PA bukan? Selanjutnya, Anda juga harus dapat memahami bagaimana cara cek DA dan PA blog pada laptop maupun ponsel.

Ada beberapa cara yang bisa Anda pilih untuk mengecek kedua skor tersebut. Jadi, pastikan Anda untuk membaca uraiannya hingga tuntas ya!

1. Dengan SEO Checker

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang berarti usaha untuk mengoptimalkan situs blog agar muncul pada halaman pertama di mesin pencarian.

SEO Checker sendiri adalah sebuah hasil analisis laporan secara menyeluruh dan lengkap untuk blog Anda. Berikut cara penggunaan website SEO Checker untuk cek DA dan PA blog milik Anda:

  1. Buka websiteseochecker.com. Sebaiknya gunakan laptop dan jaringan yang stabil agar proses berjalan dengan lebih lancar dan cepat.
  2. Pada sisi kiri halaman, geser ke bawah hingga ada menu Page Authority Checker dan pilih opsi tersebut.
  3. Selanjutnya Anda bisa memasukkan domain yang akan Anda cek DA dan PA nya pada kolom yang ada.
  4. Klik saya bukan robot atau I’m not a robot untuk melanjutkan pada proses pengecekan.
  5. Akan muncul hasil analisis DA dan PA beserta metrik lainnya dari domain yang Anda masukkan tadi.

2. Dengan MOZ Checker

Situs MOZ juga bisa Anda gunakan untuk melakukan pengecekan pada DA dan PA blog. MOZ sendiri juga memberikan hasil analisis pengecekan yang sangat detail dan akurat. Situs ini menjadi rekomendasi selanjutnya untuk cara mengecek DA dan PA blog. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka link dari MOZ Checker atau bisa dengan klik https://moz.com/domain-analysis pada browser Anda.
  2. Masukkan domain dari blog yang ingin Anda analisis otoritasnya pada kolom lalu pilih klik Analyze Domain untuk melanjutkan pada analisis domain.
  3. Tunggu beberapa saat dan akan muncul hasil dari pengecekan berikut dengan skor dari domain authority, ranking keywords, spam score, dan juga linking root domains.
  4. Jika Anda melanjutkan dengan geser ke bawah, Anda juga akan melihat detail dengan lebih lengkap seperti top pages, featured snippets, top linking domains, dan juga top search competitor blog Anda. Wah lengkap sekali bukan?

Memeriksa PA Blog

  1. Sedangkan untuk memeriksa PA dari domain Anda pada MOZ, Anda bisa kunjungi https://moz.com/link-explorer.
  2. Masukkan alamat domain Anda pada kolom yang ada lalu klik Free Link Data untuk melanjutkan ke analisis data.
  3. Jika Anda belum memiliki akun, sebelum proses pengecekan Anda akan diarahkan untuk mendaftar akun lebih dulu dengan mengisi beberapa pertanyaan yang ada.
  4. Ikuti langkah-langkah pengisian dan Anda akan bisa mendapatkan hasil dari analisis cek PA blog Anda.

3. Dengan Ahrefs

Ahrefs cukup populer di kalangan para blogger sehingga seringkali menjadi pilihan untuk melakukan pengecekan DA dan PA blog. Ahrefs memang bisa Anda akses secara gratis walaupun untuk ke versi lengkapnya membutuhkan versi yang profesional atau berbayar.

Di Ahrefs, URL Rating (UR) dan Domain Rating adalah penunjuk skor DA PA. Ini dia tutorial mengecek DA dan PA dengan menggunakan Ahrefs:

  1. Buka situs Ahrefs pada browser atau klik https://ahrefs.com.
  2. Lakukan pendaftaran akun lebih dulu agar proses pengecekan berjalan dengan lebih mudah.
  3. Masuk ke akun Anda lalu carilah pada menu pilihan Site Explorer yang ada pada Dashboard.
  4. Masukkan domain blog Anda pada kolom yang ada lalu klik Check Website Authority. Tunggu beberapa saat.
  5. Klik saya bukan robot atau i’m not a robot untuk membuktikan bahwa Anda bukanlah robot.

Ahrefs akan memuat beberapa hasil skor dari Domain Authority dan juga Domain Rating (DR) berikut dengan Backlink dan Linking Website Anda.

Hasil skor dari DA bisa Anda lihat pada bagian angka yang bertuliskan skor DR dan untuk PA pada skor UR.

4. Dengan Majestic

Situs Majestic memberikan Anda data yang akan sangat mendukung untuk pemasaran akun Anda utamanya untuk memeriksa sebaik apa SEO yang sudah ada dalam blog milik Anda. Berikut langkah pengecekannya:

  1. Kunjungi situs Majestic pada browser. 
  2. Tuliskan domain Anda lalu klik Search.
  3. Majestic akan menampilkan hasil analisis data. Geser ke bawah untuk memeriksa detailnya.

Anda juga bisa melakukan daftar akun lebih dulu untuk mengetahui dashboard Majestic secara lebih lengkap.

Baca juga: 10+ Tempat Beli Template Blogger Premium Terbaik 2022

5. Dengan Semrush

Bagi para profesional blogger, SEMRUSH adalah situs yang dominan menjadi pilihan karena tingkat pengecekannya dinilai cukup tinggi. Simak penjelasan cara mengecek DA dan PA blog dengan SEMRUSH berikut:

  1. Buka halaman Semrush pada browser.
  2. Lakukan Daftar Akun lebih dulu dengan email yang Anda gunakan.
  3. Kembali ke halaman SEMRUSH dan masukkan domain blog Anda. Klik search untuk melanjutkan pencarian.
  4. Hasil pengecekan akan muncul dengan metrik seperti organic traffic, backlink, dan juga keyword.

Dari kelima pilihan situs di atas, semuanya memiliki kelebihan masing-masing. Pilihlah situs mana yang paling optimal untuk blog Anda. Dan jika memang Anda berbatas pada adanya budget, Anda juga bisa memilih situs yang memberikan akses gratis.

Dengan mengetahui peringkat DA PA blog Anda, Anda akan menjadi lebih mudah untuk memantau sekaligus mengevaluasi blog. Berbagai cara cek di atas juga bisa Anda coba secara otodidak karena kelima situs tersebut memberikan kemudahan dengan halaman yang sangat sederhana.

Pastikan juga domain yang Anda gunakan pada blog Anda adalah domain yang bagus sehingga bisa turut meningkatkan peringkat blog. Jadi, apakah Anda sudah paham cara cek DA PA blog?

Posting Komentar