4+ Cara Cek Blog Valid AMP atau Tidak di Halaman Mobile

Apakah Anda memiliki blog? Jika iya, maka Anda harus mengetahui cara cek blog valid AMP untuk membuat akses blog Anda optimal dan menyeluruh.

Apakah Anda memiliki blog? Jika iya, maka Anda harus mengetahui cara cek blog valid AMP untuk membuat akses blog Anda optimal dan menyeluruh. AMP sangat berpengaruh pada kualitas peminat blog Anda. Namun sayangnya, tidak semua blog sudah sesuai dengan standar valid AMP.

Semakin majunya teknologi, segala hal seakan harus terkoneksi secara cepat dan tepat, begitu juga informasi. Kebutuhan pembaca untuk mendapatkan informasi sangat terbantu dengan adanya blog. Blog yang memiliki pembaca tinggi, tentu juga akan meningkatkan kualitas blog untuk tetap eksis.

Pengertian AMP

AMP adalah singkatan dari Accelerated Mobile Pages yang merupakan sebuah teknologi untuk akselerasi website. Teknologi tersebut berguna untuk membuat laman blog Anda anti lemot atau lebih cepat termuat melalui perangkat mobile. AMP telah dikenalkan sejak tahun 2016.

Cara cek blog valid AMP adalah hal yang wajib Anda ketahui terutama jika Anda mengelola sebuah blog. Kevalidan AMP ini juga akan membuat pengguna ponsel nyaman saat berselancar di internet seperti pada komputer.

Tidak heran, pada masa modern ini, sebagian besar peminat teknologi lebih banyak memilih ponsel dibanding dengan perangkat lainnya.

Halaman blog yang telah valid memiliki potensi memuat 4 kali lebih cepat dari normalnya. Walau demikian, nyatanya penggunaan paket data justru bisa lebih hemat hingga 10 kali lipat dibandingkan dengan blog tanpa valid AMP.

AMP adalah fitur yang memang ramah untuk Anda gunakan pada ponsel dengan basis seperti Android, IOS, maupun Windows agar memiliki kecepatan performa yang tinggi saat mengakses sesuatu.

Baca juga: 4+ Cara Cek DA PA Blog Untuk Kepentingan SEO

Cara Cek Blog Valid AMP Full

Mengetahui pentingnya AMP, Anda harus belajar bagaimana cara mengecek blog valid AMP. Tentu Anda tidak ingin konten blog Anda yang bagus justru tidak terbaca oleh pemirsa karena halaman blog Anda sulit diakses. Hal tersebut membuat pemirsa tidak bisa bertahan lama menunggu.

Cara untuk melakukan pengecekan valid AMP juga ada beberapa jenis melalui situs yang berbeda-beda. Pada pembahasan kali ini, Anda akan mengenal beberapa situs di antaranya yang paling banyak mendapatkan rekomendasi untuk mengecek kevalidan AMP.

1. Dengan AMP Validator

AMP Validator merupakan situs yang memberikan Anda akses untuk memeriksa valid atau tidaknya AMP pada blog Anda. Tampilannya yang simpel membuat situs tersebut sangat mudah untuk Anda pelajari. Berikut langkah singkatnya:

  1. Masuk ke link AMP Validator pada browser atau melalui klik link https://validator.AMPproject.org/.
  2. Setelah itu akan muncul laman untuk Anda memasukkan link dari blog. Masukkan URL atau alamat dari blog Anda ke kolom.
  3. Klik Validate dan tunggu beberapa saat.
  4. Akan muncul sebuah deskripsi sistem yang pada bagian bawah kiri akan tertulis status kevalidan blog Anda.

Jika blog Anda valid deskripsi cukup panjang dengan warna hijau di pojok kiri bawah pada Validation Status tertulis PASS. Sedangkan bila blog anda belum valid maka deskripsi akan eror dan warna merah menunjukkan FAIL pada validation.

Jika Anda menggunakan cara ini, maka gunakan Chrome versi Komputer. Tools ini memang dipilih untuk pengguna chrome pada browser saja sehingga jika Anda menggunakan browser lain, situs ini mungkin tidak akan berhasil mendapatkan akses.

2. Dengan Search Google

Situs selanjutnya datang dari Search Google yang bisa Anda gunakan secara bebas. Situs ini juga tersambung langsung dengan Google Search Console. Ikuti langkah berikut untuk pengecekan valid AMP dengan menggunakan situs ini:

  1. Masuk ke laman Search Google atau bisa dengan klik https://search.google.com/test/AMP.
  2. Selanjutnya, masukkan URL dari blog Anda dan tunggu hasil tesnya.
  3. Jika blog Anda telah valid, maka akan muncul tulisan Valid AMP Page. Jika blog Anda belum valid maka akan muncul Not an AMP Page.

Tools ini dibuat resmi oleh Google untuk memudahkan publisher dan penulis mengetahui valid tidaknya blog mereka. Selain situs ini, Google juga memberikan tools lainnya yang wajib Anda cari tahu manfaatnya.

Baca juga: Apa itu DA PA Blog? Pengertian dan Cara Meningkatkannya

3. Dengan Ekstensi AMP Validator

Cara mengecek blog valid AMP selanjutnya dapat melalui situs Ekstensi AMP Validator. Ekstensi ini merupakan hasil buatan dari AMP itu sendiri. Anda bisa menggunakan Chrome untuk melakukan pengecekan. Berikut langkahnya:

  1. Masuk ke Ekstensi AMP Validator.
  2. Selanjutnya akan muncul ikon kecil pada bagian kiri bar browser.
  3. Pengecekan bisa Anda lakukan langsung dengan membuka laman web yang ingin dicek.
  4. Jika halaman yang Anda buka telah valid AMP, maka icon petir akan berwarna hijau. Sedangkan jika halaman belum valid AMP, maka petir berwarna merah.

4. Dengan AMP Testing Tools

Cara cek blog valid AMP itu apa dan berhasil atau tidaknya juga bisa Anda lihat melalui mesin pencarian Google. Berikut panduannya:

  1. Masuk ke browser Anda dan ketikkan AMP Testing Tools.
  2. Klik halaman berikutnya untuk melakukan pengecekan pada Tools.
  3. Salin dan Tempel Link yang ingin Anda tes pada kolom tersedia. Enter atau Klik Uji URL.
  4. Akan ada kode Re-captcha jika bisa Anda lewati maka lewati saja.
  5. Tunggu proses pemeriksaan selesai.

Hasil Test AMP sudah terlihat valid atau tidak. Jika blog Anda telah valid maka aka nada tanda petir atau kilat pada pojok kanan atas pada situs Anda di pencarian Mesin Google.

Cara ini cukup mudah dan simpel sehingga bisa digunakan oleh siapapun secara bebas termasuk juga oleh Anda.

Baca juga: 8 Cara Custom Domain Blogspot (Blogger.com) dengan Mudah

Apa Kelebihan Blog Valid AMP?

Setelah mengetahui cara mengecek blog valid AMP, untuk membuat Anda lebih yakin dalam kevalidan blog, Anda perlu memahami juga pentingnya keberadaan AMP bagi blog Anda. Di bawah ini adalah beberapa kelebihan yang akan Anda dapatkan setelah melakukan valid AMP.

  • Performa Blog menjadi lebih cepat dan gesit sehingga pembaca bisa dengan mudah mendapatkan informasi sekaligus menghemat durasi baca dengan pemuatan laman yang cepat.
  • Meningkatkan blog agar ada pada Mesin Pencarian Google karena kualitas valid AMP juga meningkatkan kualitas blog untuk dipercayai oleh Google dan bisa menjadi rekomendasi Google pada halaman pencarian pertama.
  • Traffic meningkat karena pembaca akan lebih tertarik dengan blog Anda yang anti lemot.
  • Lebih banyak pembaca dari pengguna ponsel sehingga blog Anda akan mengalami kenaikan peminat sekaligus kualitas halaman.
  • Membuktikan bahwa blog Anda memang berkualitas dan profesional sehingga patut untuk bersaing dengan situs yang lainnya.
  • Lebih banyak digemari pembaca karena paket data yang diperlukan lebih hemat.

Setelah mengetahui kelebihan valid AMP, para creator dan juga blogger beramai-ramai memperbarui situs mereka agar sesuai dengan valid AMP. Pembaharuan mulai dari desain blog, template, bahkan juga isi dari bahasan blog.

Mungkin sebagian orang akan berpikir pengecekan valid AMP ini cukup merepotkan dan bahkan kadang membuat malas untuk sekadar mengeceknya. Namun, valid AMP ini penting Anda ketahui karena dengan demikian performa blog Anda juga akan terjaga.

Itulah tadi beberapa cara cek blog valid AMP yang bisa Anda coba secara mandiri untuk mengetahui valid atau tidaknya AMP blog Anda. Selamat mencoba.

Posting Komentar