7 Cara Membuat Blog Gratis di Blogger.com (Blogspot.com)

Cara membuat blog gratis di blogger (Blogspot.com) juga terbilang mudah bisa dilakukan di hp maupun perangkat pc anda serta tidak membutuhkan waktu

Blog bisa menjadi wadah yang tepat bagi para penulis untuk menuangkan ide dan kreativitasnya. Cara membuat blog gratis di blogger (Blogspot.com) juga terbilang mudah bisa dilakukan di hp maupun perangkat pc anda serta tidak membutuhkan waktu lama. Anda bisa mencari tahu informasi selengkapnya pada artikel ini.

Apa Itu Blog?

Blog merupakan aplikasi website yang isinya konten-konten. Situs blog biasanya berisi tulisan dan gambar, serta dapat diakses oleh pengguna internet sesuai topik dan tujuan. Pertama kali, blog populer karena platform milik Pyra Labs bernama blogger.com.

Dengan blog, Anda bisa menulis apapun yang Anda inginkan. Mulai dari resep makanan, pengalaman pribadi, hingga tips dan trik yang mungkin bermanfaat bagi pembaca. Para penulis blog biasanya dikenal dengan istilah blogger.

Kebanyakan orang menyamakan blog dengan website. Padahal, keduanya memiliki sedikit perbedaan. Dari segi fungsi, website dan blog memang memiliki fungsi yang sama. Namun, perbedaannya terletak pada server hosting, isi konten, dan penggunaan nama domainnya.

Blog lebih mengarah pada Blogspot yang sudah terkenal sejak zaman dahulu. Biasanya, blog memiliki nama dengan akhiran Blogspot.com karena penyimpanannya berada di dalam server hosting perusahaan Blogspot. Sementara itu, website sudah memiliki domain sendiri dan bisa Anda gunakan untuk berbagai fungsi, seperti website perusahaan, toko online,  dan masih banyak lagi.

Sekilas Tentang Platform Blogspot.com

Bukan seperti menulis buku harian, blog memungkinkan konten Anda untuk dilihat secara online oleh orang lain. Blogspot merupakan penyedia domain untuk Anda yang ingin menjadi blogger, sementara Blogger adalah aplikasinya. Hingga kini, pengguna Blogspot sudah mencapai 1,2 juta situs.

Blogger menjadi platform terpopuler kedua setelah Wordpress. Untuk lebih mengenali platform ini, Anda bisa menyimak beberapa informasi yang ada.

1. Integrasi Akun

Jika Anda memiliki akun Google, Anda tidak perlu takut diminta login berulang kali. Anda bisa membuat Blogspot/blogger dengan mudah karena sudah terintegrasi dengan semua layanan Google. 

2. Keamanan

Blogger atau Blogspot merupakan salah satu platform terbesar, sehingga Anda tidak perlu khawatir soal keamanannya. Berada dalam server Google, tentu saja keamanan Blogspot sangat mumpuni. Anda akan mendapat proteksi SSL gratis, sehingga data pribadi dan aliran informasi terlindungi.

Meskipun begitu, tak ada salahnya untuk berhati-hati. Apalagi, jika Anda menggunakan tema atau fitur dari pihak ketiga. Sebab, hal semacam ini bukanlah penawaran resmi dari Google, sehingga keamanannya patut Anda pertanyakan.

3. Biaya

Sebelum mengetahui cara membuat blog (Blogspot.com), mungkin Anda bertanya-tanya soal biayanya. Kabar gembira bagi para calon blogger, pembuatan Blogspot tidak memerlukan biaya apapun alias gratis

Namun, karena gratis, Anda tidak bisa bebas memilih nama domain. Jadi, alamat websitenya akan berakhiran dengan .Blogspot.com. 

Baca juga:

Fitur Blogger.com

Meskipun gratis, tapi Blogspot tidak melupakan kualitasnya. Platform ini tetap menyediakan aneka fitur menarik yang mendukung para blogger untuk berkembang. Anda bisa bebas menulis konten, mendesain tampilan, monetisasi blog, dan melihat statistik blog.

Ada juga dashboard yang memudahkan Anda untuk mengelola Blogspot. Bila Anda mengupload konten secara rutin, Anda pasti akan menjadi seorang blogger yang sukses.

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger.com (Blogspot.com)

Membuat blog ternyata bukan hal yang sulit. Anda hanya perlu menyiapkan alamat email yang masih aktif dan perangkat seperti HP atau laptop. Kemudian, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini.

1. Pertama, silahkan kunjungi situs www.blogger.com.

2. Lalu Klik pada tombol create your blog.

3. Login menggunakan akun Gmail anda, jika anda belum memilikinya maka silahkan membuatnya terlebih.

4. Setelah login anda bisa mengisi kolom judul dengan nama blog yang anda ingin buat, Klik Berikutnya jika sudah selesai.

5. Pilih URL untuk blog Anda, Masukkan Alamat web anda. Pastikan alamat url masih tersedia dan bisa anda gunakan, Klik berikutnya jika sudah.

6. Nama yang ditampilkan, pada kolom ini anda bisa mengisinya dengan nama dari pemilik blog tersebut, Lalu klik selesai.

7. Dibawah ini adalah tampilan dashboard blog anda setelah dibuat.

8. Blog Anda sudah selesai dibuat dan berikut ialah tips mengelolanya.

Cara Mengelola Blog Sampai Menghasilkan Uang

Setelah akun blog Anda berhasil terbuat, Anda tentu harus mengetahui cara mengelolanya seoptimal mungkin agar bisa sukses. Ketika masuk, Anda akan melihat tampilan dashboard. Tak perlu bingung, berikut beberapa cara mengelola blog bagi para pemula.

1. Menulis Konten

Konten adalah kunci kesuksesan dari sebuah blog. Makannya, Anda harus mengupload konten secara rutin. Selain itu, pastikan konten Anda berkualitas, sehingga mampu menarik perhatian pembaca.

Pada kolom Dashboard, Anda bisa langsung mengklik tombol New Post. Kemudian, tulislah konten dan ubah formatnya. Jangan lupa untuk mengisi kolom judul. Anda juga bisa mengubah font, menyisipkan link, dan memasukan gambar sesuka hati.

2. Mempublikasikan Artikel

Ketika sudah selesai menulis, tentu Anda bisa mempublish artikel agar masyarakat banyak bisa melihatnya. Namun, sebelum mempublikasikan konten, Anda bisa memahami beberapa istilah pengaturannya terlebih dahulu.

  • Preview, merupakan fitur untuk meninjau tampilan konten sebelum resmi mempublikasikannya
  • Labels, merupakan kategori pada Blogspot. Jadi, Anda perlu memasukkan konten setopik dalam label yang sama
  • Save, merupakan fitur untuk menyimpan postingan sebagai draft
  • Permalink, merupakan alamat URL konten Anda. Untuk permalink, Anda bisa mengaturnya secara otomatis atau custom
  • Options, merupakan fitur untuk mengatur tampilan kolom komentar dan aksesibilitas
  • Location, merupakan letak geografis yang memuat informasi lokasi penulisan konten
  • Published on, merupakan menu untuk mengatur waktu Anda mempublikasikan konten. Anda bisa menjadwalkannya secara otomatis

Bila Anda benar-benar sudah mengatur semua setting di atas, Anda bisa langsung menekan tombol Publish.

3. Melihat Statistik

Untuk membuat blog Anda semakin sukses, Anda perlu memiliki kemampuan melihat statistik. Dengan melihat statistik, Anda bisa mengetahui sejauh mana website Anda berkembang. Anda juga bisa melihat seberapa besar traffic konten Anda.

Cara melihat statistik juga terbilang mudah. Anda hanya perlu mengklik menu Stats. Anda akan menerima laporan tentang jumlah followers blog, statistik performa blog, dan grafik postingan terbaru.

4. Membuat Halaman Blogspot

Selain membuat artikel, Anda juga bisa menambahkan halaman baru pada Blogspot. Berbeda dengan konten, halaman sifatnya lebih statis. Anda bisa menggunakan halaman Blogspot untuk memasang informasi, seperti kontak maupun Tentang Saya.

Untuk membuat halaman Blogspot, Anda bisa mengklik menu Pages, kemudian klik New Page. Lalu, Anda tinggal mengisi halaman sesuai kebutuhan. Klik Publish jika sudah selesai.

Jangan khawatir jika Anda tidak menemukan halaman pada Blogspot. Pasalnya, pengaturan gadget dan layout belum tentu sesuai.

5. Mengubah Layout

Selain cara membuat blog gratis di blogger.com (Blogspot.com), Anda juga harus mengetahui cara mengubah layout. Anda bisa mengubah template layout dengan cara mudah. Anda bisa langsung masuk ke menu Layout, kemudian pindahkan gadget sesuai selera.

Setelah itu, drag and drop. Gadget merupakan fitur tambahan untuk memasang berbagai fungsi, seperti mengubah posisi iklan, kotak pencarian, daftar halaman, dan masih banyak lagi.

6. Mengganti Tema

Sebagai blogger, tentu Anda harus memperhatikan tampilan website. Pastikan website Anda memiliki tema yang menarik dan sesuai topik pembahasan. Maka dari itu, Anda harus benar-benar menentukan topik blog, bisa kuliner, teknologi, fashion, pendidikan, kesehatan, dan masih banyak lagi.

Setelah itu, Anda bisa mengklik menu Theme. Anda akan melihat berbagai tema gratis. Pilihlah yang sesuai dengan selera Anda, kemudian tekan Preview. Anda juga bisa mengubah warna dan font tema dengan mengklik customize. Jika sudah yakin, Anda bisa langsung mengklik Apply.

Cara membuat blog di Blogger.com (Blogspot.com) memang tidak sulit. Makannya, banyak orang memilih platform ini untuk menuangkan isi pikirannya. Bukan hanya sekadar hobi, menulis konten lama kelamaan bisa menjadi sumber pendapatan yang sangat menjanjikan.

Posting Komentar