Rumus Keliling Segitiga Siku-siku Lengkap dengan Contoh Soalnya

Untuk mengetahui kelilingnya, Anda perlu menjumlahkan panjang dari ketiga sisi tersebut. Lebih jelasnya, berikut rumus keliling segitiga siku-siku

Sebagian besar dari Anda terutama yang masih duduk di bangku sekolah pasti ingin jago matematika. Untuk memulainya, Anda bisa mempelajari sedikit demi sedikit rumus-rumus dasar dalam ilmu tersebut seperti rumus keliling segitiga siku-siku serta berbagai segitiga lainnya.

Rumus-rumus pada bangun datar termasuk segitiga merupakan salah satu rumus matematika paling mendasar. Bahkan, rumus-rumus tersebut pasti sudah pernah Anda dapatkan sejak duduk di bangku Sekolah Dasar. Tapi tentu saja, tidak ada salahnya untuk Anda mengulas kembali rumus tersebut.

Mengenal Bangun Datar Segitiga

Anda pasti telah mengenal atau minimal sering mendengar tentang bangun datar dalam matematika. Bangun datar tersebut terdiri dari beberapa bentuk dan salah satunya yaitu segitiga. Sesuai dengan namanya, segitiga merupakan bangun datar yang memiliki jumlah sisi sebanyak tiga buah sisi.

Selain memiliki tiga buah sisi, ciri khas lainnya dari segitiga yaitu terdapat tiga buah sudut. Sedangkan untuk tingginya, segitiga memiliki garis tegak lurus dari atas menuju ke bagian sisi alas. Garis tinggi bangun datar ini akan melewati dua sudut yang berhadapan dengan alasnya.

Jadi dari ulasan tersebut, bisa Anda ketahui bahwa segitiga merupakan bangun datar yang tersusun dari tiga buah sisi sebagai rangka penyusun serta memiliki tiga buah titik sudut.

Macam-macam Segitiga

Anda tentunya sudah mengetahui bahwa artikel kali ini akan membahas segitiga siku-siku. Namun sebelumnya, tentu Anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis bangun datar segitiga termasuk salah satunya yaitu segitiga siku-siku.

Meski memiliki struktur yang sama yaitu tiga buah garis sisi sebagai rangka dan tiga titik sudut. Tapi tetap saja setiap segitiga tidak sepenuhnya sama terutama mengenai ukuran. Karena itu, berikut jenis-jenis segitiga yang perlu Anda ketahui.

1. Berdasarkan Panjang Sisi

  • Segitiga sama sisi; sesuai dengan namanya, segitiga jenis ini memiliki tiga buah sisi yang sama dari segi ukuran atau panjang. Selain itu, segitiga sama sisi juga memiliki tiga sudut dengan ukuran yang sama besar.
  • Segitiga sama kaki; jika segitiga sama sisi memiliki ketiga sisi yang sama panjang, berbeda dengan segitiga sama kaki yang sama panjang hanya pada kedua kakinya saja. Artinya, sisi alas dari segitiga ini tidak sama panjang dengan kedua sisi lainnya.
  • Segitiga sembarang; karena merupakan segitiga sembarang, segitiga jenis yang satu ini memiliki tiga buah sisi dengan panjang yang berbeda-beda satu sama lainnya.

2. Berdasarkan Besar Sudut

  • Segitiga siku-siku; segitiga siku-siku merupakan segitiga yang memiliki sudut siku-siku di antara ketiga sudutnya. Seperti yang telah Anda ketahui, sudut siku-siku sendiri merupakan sudut yang memiliki ukuran sebesar 90o.
  • Segitiga tumpul; dikatakan segitiga tumpul jika salah satu sudut dari segitiga merupakan sudut tumpul. Sudut tumpul sendiri merupakan sudut yang memiliki ukuran lebih dari 90o.
  • Segitiga lancip; perlu Anda ketahui, sudut lancip merupakan sudut yang memiliki ukuran kurang dari 90o. Jadi, segitiga lancip merupakan segitiga yang tersusun dari tiga buah sudut lancip.
Baca juga: 

Rumus Keliling Segitiga Siku-siku

Sebelumnya Anda telah simak bahwa segitiga siku-siku adalah segitiga yang memiliki salah satu sudut berukuran 90o. Lengkapnya, berikut ada beberapa sifat segitiga siku-siku yang perlu Anda ketahui:

  • Segitiga siku-siku memiliki salah satu sudut berukuran 90o;
  • Segitiga siku-siku memiliki satu sisi miring yang biasa dikenal dengan nama hipotenusa;
  • Sisi miring tersebut berada di depan sudut siku-siku;
  • Segitiga siku-siku memiliki dua sisi berbentuk tegak lurus;
  • Segitiga siku-siku memiliki dua titik sudut lancip;
  • Segitiga siku-siku tidak memiliki simetri putar maupun lipat.

Seperti bangun datar lainnya, segitiga termasuk segitiga siku-siku juga tentu bisa Anda ketahui kelilingnya. Untuk mengetahui keliling tersebut, Anda akan membutuhkan rumus keliling segitiga siku-siku yang berlaku secara umum.

Sebelumnya, Anda telah mengetahui bahwa segitiga siku-siku memiliki tiga buah sisi. Jadi untuk mengetahui kelilingnya, Anda hanya perlu menjumlahkan panjang dari ketiga sisi tersebut. Lebih jelasnya, berikut rumus keliling segitiga jenis siku-siku:

K = sisi + sisi + sisi

Rumus tersebut tentu saja merupakan rumus umum sehingga Anda bisa menggunakannya pada semua jenis segitiga. Syaratnya yaitu Anda harus mengetahui panjang dari setiap sisi segitiga yang akan Anda hitung kelilingnya.

Jika Panjang Salah Satu Sisi Segitiga Siku-siku Tidak Diketahui

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa untuk mengetahui keliling segitiga termasuk segitiga siku-siku Anda harus mengetahui panjang ketiga sisinya terlebih dahulu. Lalu, bagaimana jika salah satu dari ketiga sisi segitiga siku-siku tidak diketahui panjangnya?

Jika Anda menghadapi kondisi ini, maka Anda tidak perlu khawatir karena Anda tetap dapat menghitung keliling segitiga siku-siku. Caranya yaitu Anda harus menerapkan rumus phytagoras terlebih dahulu sebelum menghitung keliling.

Rumus phytagoras merupakan rumus yang bisa Anda gunakan untuk mencari tahu panjang salah satu sisi dari sebuah segitiga siku-siku. Berikut rumus phytagoras jika diketahui segitiga siku-siku ABC.

  • Jika panjang sisi C tidak diketahui, maka gunakan rumus C2 = A2 + B2 atau C = √A2 + B2
  • Jika panjang sisi A tidak diketahui, maka gunakan rumus A2 = C2 - B2 atau A = √C2 - B2
  • Jika panjang sisi B tidak diketahui, maka gunakan rumus B2 = C2 - A2 atau B = √C2 - A2

Contoh Soal Keliling Segitiga Siku-siku

Untuk memperdalam pengetahuan, Anda bisa menerapkan rumus-rumus di atas dalam contoh soal berikut ini:

1. Saat berangkat ke sekolah, Andi menemukan lambang berwarna merah berbentuk segitiga siku-siku A, B, dan C. Setelah dia amati, dapat diketahui bahwa sisi-sisi pada segitiga tersebut memiliki panjang yaitu 6 cm, 8 cm, dan 10 cm. Jika demikian, berapa keliling dari segitiga siku-siku yang Andi temukan tersebut?

Diketahui: A = 6 cm; B = 8 cm; C = 10 cm.

Ditanyakan: Keliling (K)

Rumus keliling: K = sisi + sisi + sisi

Penyelesaian:

  • K = sisi A + sisi B + sisi C
  • K = 6 + 8 + 10
  • K = 24

Jadi, keliling segitiga siku-siku yang ditemukan Andi yaitu 24 cm.

2. Terdapat sebuah segitiga siku-siku a, b, c dengan panjang sisi berturut-turut yaitu 4 cm, 6 cm, dan 9 cm. Dari informasi tersebut, berapa nilai keliling dari segitiga siku-siku a, b, c itu?

Diketahui: a = 4 cm; b = 6 cm; dan c = 9 cm.

Ditanyakan: Keliling (K)

Rumus keliling segitiga: K = sisi + sisi + sisi

Penyelesaian:

  • K = sisi a + sisi b + sisi c
  • K = 4 + 6 + 9
  • K = 19

Jadi, keliling segitiga siku-siku a, b, c tersebut yaitu 19 cm.

3. Sebuah segitiga siku-siku A, B, C memiliki panjang sisi miring yaitu 26 cm sedangkan tinggi dari segitiga tersebut yaitu 10 cm. Tentukan keliling dari segitiga siku-siku tersebut!

Diketahui: Sisi miring = C = 26 cm; tinggi = B = 10 cm.

Ditanyakan: Keliling (K)

Penyelesaian:

Dalam soal telah diketahui panjang sisi C dan B. Namun untuk mencari keliling, Anda harus terlebih dahulu mengetahui sisi yang satunya lagi yaitu sisi A. Maka, Anda bisa menggunakan rumus phytagoras.

  • A2 = C2 - B2
  • A2 = 262 - 102
  • A2 = 676 - 100
  • A2 = 576
  • A = √576
  • A = 24

Jadi, panjang sisi A segitiga tersebut yaitu 24 cm.

Rumus keliling: K = sisi + sisi + sisi

K = 24 + 10 + 26

K = 60

Jadi, keliling segitiga siku-siku tersebut yaitu 60 cm.

Berdasarkan contoh soal di atas, ternyata menghitung keliling segitiga siku-siku tidak terlalu sulit asalkan Anda paham mengenai rumus keliling segitiga siku-siku serta rumus phytagoras jika dibutuhkan.

Posting Komentar