Rumus Persegi Luas dan Keliling Lengkap dengan Contoh Soalnya

Sebelum memahami tentang rumus bangun datar persegi, Anda wajib memahami karakteristik dari bangun tersebut.
Berikut adalah rumus persegi tepat untuk luas dan keliling yang perlu Anda ketahui. Sebagai informasi, rumus luas dan rumus keliling persegi akan siswa temui di materi kelas 4 Sekolah Dasar. Sebab itulah pahami bagaimana rumus bangun persegi tersebut agar bisa menjawab soal.

Soal tentang rumus luas dan keliling persegi sebenarnya bisa siswa selesaikan dengan mudah. Apalagi peserta didik bisa mengenali bentuk persegi tanpa kesulitan lantaran benda berbentuk persegi mudah ditemukan setiap hari.

Rumus Persegi: Luas dan Keliling

Sebelum memahami tentang rumus bangun datar persegi, Anda wajib memahami karakteristik dari bangun tersebut. Adapun persegi dalam geometri merupakan bangun datar yang bentuknya terdiri atas tempat sisi. Keempat sisi persegi berbentuk sama dan memiliki empat sudut siku-siku dengan 90 derajat.

Karakteristik persegi lainnya yaitu memiliki diagonal yang saling membagi dua pada sudut 90 derajat. Dua diagonal dalam persegi tersebut sama besar dan mempunyai empat sisi dan empat titik sudut.

Adapun kedua diagonal dari persegi akan saling berpotongan dan membentuk sisi panjang yang berukuran sama.

Karena itulah dalam rumus keliling dan luas persegi, Anda harus menghitung empat sisi di bangun datar tersebut. Untuk informasi lebih lanjut tentang perhitungan keliling dan luas persegi, Anda bisa simak informasi selengkapnya berikut ini.

Rumus Keliling Bangun Datar Persegi

Sebagai informasi, keliling merupakan total penjumlahan dari seluruh sisi luar untuk bangun datar yang berbentuk apa saja. Bangun datar tersebut termasuk bangun gabungan dan tidak beraturan sekalipun. Adapun rumus keliling bangun datar persegi yang perlu Anda ketahui yaitu:

  • Rumus keliling persegi dengan penjumlahan: K = s + s + s + s
  • Rumus untuk keliling persegi empat sisi: K = 4 x s

Dalam rumus di atas, K adalah keliling persegi serta S merupakan panjang setiap sisi bangun datar persegi tersebut. Umumnya rumus keliling pada bangun datar persegi berguna agar bisa menghitung semua keliling dari bangunan berbentuk persegi empat sisi.

Ini adalah operasi dasar matematika penjumlahan semua sisi yang mengelilingi persegi itu. Adapun menghitung keliling persegi bisa menggunakan rumus alternatif lain. Di mana rumus tersebut melibatkan luas dan diagonal sebuah bangunan.

Berikut adalah rumus untuk keliling persegi alternatif yang perlu Anda ketahui:

  • Rumus sisi bangun datar persegi: S = √L
  • Rumus keliling bangun persegi alternatif lain: K = 4 x (d/√2)
  • Rumus keliling bangun persegi jika diketahui luasnya: K = 4 x √L
  • Rumus keliling untuk persegi apabila terdapat diagonal: K = d x (2√2)

Terdapat berbagai rumus keliling persegi itu perlu Anda sesuaikan dengan bangunan dan contoh soal. Hal ini karena terdapat bangunan persegi yang mengombinasikan bangun datar bentuk datar lain atau luasnya Anda ketahui.

Baca juga:

Rumus Luas Persegi

Selanjutnya, Anda perlu mengetahui rumus luas persegi empat. Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan agar bisa menghitung luas bangun datar persegi empat. Anda dapat melihat keempat cara yang ada berikut ini dan memilih salah satu paling mudah untuk Anda gunakan.

Rumus Luas Persegi dengan Mengalikan

Untuk rumus luas bangun persegi yang pertama yaitu dengan cara mengalikan bagian pada sisinya. Cara satu ini paling mudah Anda lakukan dan tergolong sangat simpel. Adapun rumus luas persegi ini dapat Anda kerjakan dengan cara mengalikan dua sisi persegi.

Atau lebih tepatnya sisi yang Anda kalikan adalah bagian panjang dan lebarnya. Adapun rumus untuk luas persegi dengan mengalikan sisinya yaitu = panjang x lebar atau bisa juga luas = sisi x sisi.

Contoh soal Rumus Persegi

1. Ari mempunyai kertas origami dengan bagian sisi 5 cm, berapakah luasnya?

Rumus luas persegi: sisi x sisi = 5 cm x 5 cm.

Dari perhitungan dengan memakai rumus luas persegi di atas, maka Anda bisa mendapat angka luas persegi 25 cm.

Luas Persegi dengan Mengkuadratkan

Cara mudah lain dalam menghitung rumus untuk luas persegi yaitu dengan mengkuadratkan bagian sisinya. Hal ini lantaran semua bagian sisi dari bangun datar persegi mempunyai ukuran yang sama. Dengan demikian Anda hanya perlu menguadratkannya saja.

Adapun rumus luas perseginya yaitu: sisi-sisi = luas persegi.

Contoh soalnya yaitu:

2. Terdapat roti tawar dengan bagian sisinya sepanjang 6 cm, berapa luas dari bangun persegi roti tawar tersebut?

Sisi persegi = 6 cm

Luas persegi = 62 = 6 cm x 6 cm

Anda hanya perlu mengalikan 6 x 6.

Berdasarkan hasil perhitungan di atas maka siswa akan mendapat angka 36 cm yang merupakan luas dari roti tawar.

Rumus Luas Persegi dengan Mengukur Panjang Diagonal

Untuk rumus persegi empat luas berikutnya yaitu dengan cara mengukur diameter atau panjang diagonal persegi tersebut. Memang rumus satu ini sedikit rumit, akan tetapi jika Anda sudah menguasainya akan menjadi sangat mudah agar bisa menghitungnya.

Adapun rumus luas persegi kalau mengetahui diagonalnya yaitu diagonal2 : 2 atau bisa juga ½ diagonal2.

Contoh soalnya yaitu:

3. Ada papan catur yang memiliki diagonal 10 cm. Lantas berapakah luas persegi dari bangun datar berupa papan catur yang ada tersebut?

Luas persegi = diagonal2 : 2 atau sama dengan

Luas persegi = 102 : 2

Maka luas persegi atau papan catur tersebut = 100 cm : 2

Berdasarkan perhitungan di atas, maka Anda akan mendapat hasil 50 cm untuk luas  bangun datarnya.

Luas Persegi dengan Keliling

Cara perhitungan luas dengan rumus segi empat berikutnya bisa menggunakan keliling dari bangun datar tersebut. Memang selain menghitung dengan memakai sisi persegi dan diagonalnya, Anda dapat memakai keliling persegi jika sudah mengetahui angka sebelumnya.

Untuk rumus dari luas bentuk persegi dengan memakai keliling ada dua tahapan yang harus Anda lakukan.

Pertama-tama silahkan mencari sisi persegi tersebut lebih dahulu. Setelah itu kalikan sisi persegi menjadi dua seperti yang sudah Anda lakukan pada cara pertama agar bisa mendapatkan luas persegi.

Adapun untuk rumus luas persegi yang dapat Anda gunakan yaitu keliling persegi empat x 1/4. Perhitungan dengan rumus satu ini bisa Anda gunakan untuk mencari ukuran sisi persegi empat. Baru setelah itu gunakan rumus sisi-sisi agar bisa mendapatkan hasil luas persegi empat tersebut.

Contoh soal menghitung luas persegi dengan keliling:

4. Uda membeli jam dinding yang berbentuk persegi empat dengan keliling sebesar 32 cm. Lalu berapa luas jam dinding tersebut?

  • Sisi persegi: ¼ x keliling
  • Sisi persegi = ¼ x 32 cm.
  • Hasil yang Anda dapat untuk sisi bangun datar persegi empat di atas yaitu 8 cm.

Sesudah hasil pengukuran sisinya berhasil Anda dapat, berikutnya terapkan rumus luas persegi yakni:

Luas persegi: sisi x sisi

Luas persegi = 8 cm x 8 cm

Berdasarkan hasil di atas, Anda akan mendapat hasil 32 cm untuk luas jam dinding tersebut.

Itulah beberapa rumus persegi yang bisa siswa lakukan untuk menemukan keliling dan luas bangun datar satu ini.

Posting Komentar