Bacaan Doa Buka Puasa Ramadhan Arab, Latin dan Artinya

Dibawah ini adalah Bacaan Doa Buka Puasa Ramadhan Arab, Latin dan Artinya. Sebelum melaksanakan ibadah puasa, ada doa dan niat tersendiri

Berikut ini adalah bacaan doa buka puasa yang benar dan penting untuk Anda lafalkan setelah berpuasa. Dalam agama islam, apa saja yang harus Anda lakukan harus mendahuluinya dengan doa dan niat. Hal ini juga termasuk dalam puasa baik ibadah wajib maupun sunnah.

Niat dan doa saat melakukan atau sesudah beribadah puasa, akan mendatangkan pahala. Selain itu Anda juga bisa membaca doa sebelum memulai puasa agar mendapat kelancaran dan kemudahan saat menjalankan perintah oleh Allah SWT.

Bacaan Niat Puasa Ramadhan yang Baik dan Benar

Sebelum melaksanakan ibadah puasa, ada doa dan niat tersendiri yang bisa Anda ucapkan. Adapun bacaan doa tersebut harus Anda lafalkan baik secara lisan ataupun di dalam hati. Hal ini bertujuan agar mendapatkan pahala tambahan dan kelancaran dari Allah SWT secara langsung.

Berikut ini adalah bacaan doa niat puasa yang bisa Anda panjatkan kepada Allah SWT:

 نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Latin: "Nawaitu sauma ghadin an’adai fardi syahri Ramadhani hadzihissanati lillahita’ala"

Yang artinya:

“Saya berniat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta’ala”

Perlu Anda ketahui, niat dalam melaksanakan ibadah termasuk puasa wajib hukumnya. Hal ini tetap wajib meskipun Anda melafalkannya di dalam hati. Dari adanya niat maka akan menunjukkan kejelasan dari ibadah yang hendak Anda laksanakan.

Biasanya untuk niat puasa tersebut bisa Anda lafalkan saat waktu sahur. Nabi Muhammad SAW sudah menganjurkan kepada umatnya bahwa sahur merupakan suatu keutamaan saat berpuasa. Oleh sebab itulah, sebagai umat islam Anda bisa melafalkannya di waktu tersebut.

Bacaan Doa Buka Puasa Ramadhan Lengkap dengan Artinya

Bagi para orang tua yang tengah mengajarkan ibadah puasa kepada anaknya, ada beberapa doa untuk berbuka puasa yang bisa diajarkan. Hal ini bisa Anda lakukan sebagai pembiasaan selama berpuasa. Pasalnya puasa Ramadhan sendiri merupakan salah satu ibadah yang hukumnya wajib.

Berikut ini ada beberapa lafal doa puasa dan artinya yang bisa Anda ajarkan kepada anak-anak.

1.  Doa untuk Berbuka Puasa, riwayat dari Ibnu Umar:

Ada jenis bacaan doa berbuka puasa yang bisa Anda ajarkan kepada anak agar ia belajar melafalkannya. Berikut ini adalah doa tersebut:

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ  وثَبَتَ اْلأَجْرُ إِنْ شَاءَاللهُ

 “Dzahabadh dhoma-u wabtalatil uruq wa tsabatal ajru insyaa-aLlah.”

Artinya: “Telah hilang rasa haus dan urat-urat telah basah serta pahala akan tetap insya Allah,” (HR. Abu Daud).

Doa tersebut adalah doa riwayat Abu Dawud dan Daruquthni yang berasal dari Abdullah bin Umar. Dengan doa di atas, para ulama menilai bahwa doa itu yang paling baik derajat haditsnya. Anda pun bisa memanjatkan doa satu ini saat hendak berbuka puasa.

Karena itulah banyak ulama yang kemudian menyimpulkan ini menjadi doa untuk buka puasa yang paling utama untuk umat islam baca saat berbuka.

2. Doa Berbuka Puasa yang Kedua, riwayat Muadz bin Zuhrah:

Ada juga doa berbuka puasa yang umum umat islam bacakan saat menjelang buka puasa. Doa itu berbunyi:

اللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْت

“Ya Allah, karena-Mu aku berpuasa dan kepada-Mu aku beriman, dan dengan rizki-Mu aku berbuka.” (HR: Abu Daud)

Doa satu ini berasal dari riwayat Abu Dawud. Adapun Syaikh Nashiruddin Al Abani di dalam Misykatul Mashabih menilai doa tersebut hasan. Tetapi Shahih wa Dhaif Al Jamiu Ash Shaghir serta kitab-kitab lainnya mendhaifkan doa itu.

3. Doa Berbuka Puasa yang Ketiga:

Selain kedua bacaan doa buka puasa di atas, ada juga doa lainnya yang bisa Anda panjatkan. Adapun doa tersebut yaitu:

 “Allohumma innii laka shumtu wa ‘alaa rizqika afthortu wa ‘alaika tawakkaltu wa bika aamantu, dzahabadh dhoma-u wabtalatil uruq wa tsabatal ajru insyaa-aLlahu ta’ala. Yaa waa si-al fadhli ighfirlii, alhamdulillaahil ladzii a’aananii fashumtu wa rozaqonii fa-afthortu.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berpuasa karena-Mu dan aku berbuka dengan rezeki-Mu.”

 “Kepada-Mu aku bertawakal dan kepada-Mu aku beriman. Dahaga telah lenyap, urat-urat telah basah dan pahala telah pasti didapatkan, insya Allah.”

“Wahai Tuhan yang luas karunia-Nya, ampunilah dosaku. Segala puji bagi Allah yang telah membantuku sehingga ku dapat berpuasa dan memberiku rezeki sehingga aku dapat berbuka,”.

Doa satu ini berasal dari Prof. Dr. Wahbah Az Zuhaili yang tercantum dalam Fiqih Islam wa Adillatuhu. Rupanya beliau menyebut doa ini sebagai doa untuk buka puasa yang tergolong ma’tsur.

4. Doa Buka Puasa Keempat, riwayat Muadz bin Zuhrah:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَعَانَنِي فَصُمْتُ وَرَزَقَنِي فَأَفْطَرْتُ

“Segala puji bagi Allah yang telah menolongku sehingga aku berpuasa. Dan telah memberikanku rizki sehingga aku berbuka.” (HR: Ibnu Sunni)

Baca juga:

5. Doa Buka Puasa Kelima, riwayat Ibnu Abbas:

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْنَا وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْنَا، فتَقَبَّل مِنَّا، اِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيمُ

“Ya Allah, karena Kamu kami berpuasa, dan dengan rizki-Mu kami berbuka, maka terimalah (puasa) kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar dan Maha Mengetahui.” (HR: Ibnu Sunni)

6. Doa Berbuka Puasa Keenam, Riwayat dari Ibnu Abi Malikah yang mendengar Abdullah bin Umar membacamya:

اللهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِرَحْمَتِكَ الَّتِي وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍ أَنْ تَغْفِرَ لِي

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan rahmat-Mu yang meliputi segala sesuatu, agar Engkau mengampuniku.”

Waktu yang Tepat untuk Membaca Doa Berbuka Puasa

Lalu kapan waktu yang tepat agar Anda bisa membaca doa buka puasa? Sebagai informasi, para umat islam bisa membaca doa tersebut usai berbuka. Hal ini seperti setelah makan kurma ataupun minum air putih sebagai sebuah permulaan sebelum mengkonsumsi makanan besar.

Sementara itu sebelum berbuka dan mengkonsumsi hidangan utama, maka Anda bisa membaca basmalah saja. Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa ada baiknya doa puasa itu umat islam panjatkan sesudah makan.

Kalau membaca doa ini sebelum makan, maka akan mendapat pahala dari mengikuti sunnah. Selain itu rupanya ada keutamaan lain yang bisa Anda dapatkan ketika membacanya sesudah berbuka puasa. Maksud dari hal ini yaitu agar Anda mendapat kesunnahan yang sempurna dalam membaca doa.

Kemudian ada juga anjuran untuk memperbanyak berdoa ketika berbuka puasa. Hal itu bisa Anda lakukan sebelum tiba waktu berbuka puasa. Anda pun bisa mengajak anak-anak maupun sanak keluarga lain untuk berdoa apapun baik untuk kebaikan di dunia apalagi demi kebaikan di akhirat kelak.

Keutamaan Dari Doa Menjelang Buka Puasa

Sebelum tiba waktu berbuka serta memanjatkan doa buka puasa, rupanya ada waktu mustajabnya untuk memanjatkan doa. Adapun waktu tersebut yaitu saat-saat menjelang buka puasa. Kalau memanjatkan doa di saat itu, maka Allah SWT tidak akan menolak doa para umatnya.

Sesaat menjelang waktunya berbuka puasa, menjadi momen mustajabnya doa. Pasalnya bagi orang yang tengah berpuasa, sepanjang waktu dia menjalankan puasa merupakan saat yang paling mustajab untuk memanjatkan doa.

Tentang Puasa Ramadhan

Doa niat buka puasa ini erat kaitannya dengan ibadah puasa Ramadhan. Adapun ibadah puasa Ramadhan termasuk dalam rukun iman yang ketiga. Selain itu, bulan Ramadhan juga menjadi bukan yang penuh oleh keberkahan serta ampunan dari Allah SWT.

Bukan itu saja, di dalam bulan Ramadhan juga ada malam yang memiliki kemuliaan dari seribu bulan yaitu Lailatul Qadar. Pada saat itu, umat muslim dianjurkan untuk melakukan ibadah serta memohon ampunan kepada Allah agar mendapat rahmatnya.

Karena itulah apa pun yang umat muslim lakukan saat bulan Ramadhan, termasuk memanjatkan bacaan doa buka puasa akan terhitung sebagai pahala di mata Allah. Ketika Anda sudah memanjatkan doa untuk berbuka puasa, berikut ini tips yang bisa dilakukan saat sudah bisa menyantap menu berbuka:

1. Menghidrasi Tubuh Dengan Cairan

Ada baiknya Anda berbuka puasa dengan mengkonsumsi air supaya menghidrasi tubuh. Untuk konsumsi airnya sendiri sangat beragam bisa mulai dari susu, jus buah maupun olahan smoothie. Kendati demikian ada baiknya Anda menghindari minum dengan banyak gula tambahan di dalamnya.

Sebab hal ini bisa memberikan terlalu banyak kalori serta kandungan gula. Utamakan cairan ketika berbuka puasa sehingga tubuh bisa mendapat asupan cairan usai kehilangannya selama menjalankan ibadah puasa satu hari penuh.

Hal ini juga penting supaya menjaga kondisi tubuh tetap dalam keadan fit serta mengembalikan kesegaran badan.

2. Mengkonsumsi Kurma

Ketika selesai memanjatkan bacaan doa buka puasa, Anda bisa mengkonsumsi buah kurma. Pasalnya buah satu ini menyediakan gula alami yang berguna untuk memberikan energi. Tak heran jika konsumsi buah kurma menjadi cara terbaik saat berbuka puasa.

Selain itu di dalam buah kurma juga tersedia mineral seperti kalium, mangan dan tembaga. Semua zat tersebut merupakan salah satu sumber serat. Aplagi, ini juga termasuk sunnah lantaran sudah melakukan sesuatu sesuai contoh Nabi Muhammad SAW.

Karena itulah, tak hanya mendapat manfaat berupa kesehatan, Anda juga bisa memperoleh pahala.

Demikian informasi tentang  bacaan doa buka puasa yang bisa Anda panjatkan terutama saat ibadah Ramadhan.

Posting Komentar