Bacaan Takbir dan Tahmid Arab, Latin dan Artinya

Berikur adalah Bacaan Takbir dan Tahmid Arab, Latin dan Artinya. Bacaan yang biasa umat muslim lakukan dan mendatangkan banyak manfaat yaitu tahmid.

Tak hanya ada amalan yang wajib umat muslim jalankan, ada juga amalan-amalan tambahan atau sunnah yang juga dapat Anda jalankan sebagai muslimin. Amalan tersebut juga tak kalah banyak manfaatnya dari amalan wajib. Salah satu amalan itu adalah bacaan tahmid dan takbir

Ada banyak manfaat yang akan Anda dapatkan jika sering membacanya. Adapun manfaat tersebut mencakup di dunia dan di akhirat yang begitu umat muslim butuhkan. Bagi Anda yang belum tahu manfaat dari membaca tahmid dan takbir bisa simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Bacaan Tahmid dan Keutamaannya

Bacaan yang biasa umat muslim lakukan dan mendatangkan banyak manfaat yaitu tahmid. Bacaan tersebut bisa Anda ucapan dengan lafal Alhamdulillah atau اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ yang artinya adalah “Segala Puji Bagi Allah”. Bacaan ini bisa Anda ucapkan saat selesai menunaikan ibadah shalat atau dalam aktivitas pengajian.

Tetapi sebenarnya bacaan ini tak hanya bisa Anda gunakan pada saat seperti itu. Sebab ada banyak alasan untuk mengucapkan kalimat tahmid. Apalagi kalimat tersebut menunjukkan rasa bersyukur para umat islam atas berbagai nikmat.

Oleh sebab itulah Anda bisa mengucapkan tahmid saat mendapat sebuah nikmat yang tentu saja berasal dari Allah SWT. Adapun nikmat tersebut bisa bergaam seperti mendapatkan rezeki, keberuntungan, kesehatan dan masih banyak lagi.

Di mana tahmid juga bisa berguna untuk menandakan bahwa Anda bersyukur dan berterimakasih kepada Allah SWT. Kendati demikian Anda juga perlu mengingat jika rasa terima kasih atau syukur kepada Allah SWT tak hanya saat sedang mendapat sebuah kebahagiaan.

Walaupun Anda tengah mengalami musibah sekalipun, ada baiknya juga tetap bersyukur dengan melafalkan bacaan tahmid yaitu Alhamdulillah itu.

Keutamaan Membaca Tahmid

Sebagai salah satu kalimat yang baik, tentu saja tahmid memiliki keutamaan tersendiri jika Anda membacanya dengan sungguh-sungguh. Adapun berbagai keutamaan membaca kalimat tahmid antara lain:

1. Sebagai Kunci Meraih Cinta Allah

Seperti yang Anda tahu, tahmid adalah kalimat untuk berterima kasih atau bersyukur kepada Allah SWT. Bukan hanya itu, bacaan dengan arti Segala Puji Bagi Allah ini juga merupakan bacaan sebagai pujian untuk Allah SWT sebagai Tuhan semesta alam.

Saat kalimat ini kerap Anda ucapkan, maka artinya sering juga memuji serta bersyukur kepada semua pemberian Allah SWT. Oleh sebab itu, Anda bisa meraih cinta Allah SWT melalui pengucapan kalimat tahmid tersebut.

2. Penutup Saat Doa Bagi Orang Beriman

Salah satu keutamaan membaca tahmid lain yaitu sebagai doa penutup untuk orang beriman. Di dalam Al Quran, Allah SWT pun menjelaskan bahwa saat selesai membaca sebuah doa ataupun menjadi doa penutup, sebaiknya Anda membaca kalimat tahmid.

Hal itu tertuang dalam surat Yunus ayat 10 yang artinya:

 Doa mereka di dalamnya ialah, “Subhanakallahumma” (Maha Suci Engkau, ya Tuhan kami), dan salam penghormatan mereka ialah, “Salam” (salam sejahtera). Dan penutup doa mereka ialah, “Al-hamdu lillahi Rabbil ‘alamin” (segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam)”. 

Karena itulah bagi seorang muslim saat selesai berdoa maka ada baiknya membaca kalimat tahmid yaitu Alhamdulillah.

3. Meringankan Masalah

Saat mendapat sebuah masalah atau suatu kesulitan, salah satu cara agar bisa meringankannya yaitu dengan membaca tahmid. Memang bacaan ini bisa Anda ucapkan ketika mendapat nikmat dari Allah SWT. Kendati demikian, nikmat dari Allah SWT itu tidak semuanya akan terasa baik.

Sebab hal yang baik bagi Allah SWT sudah pasti baik untuk hambanya, meskipun kadang Anda merasa sebaliknya. Karena itulah saat Anda mendapat sebuah masalah, maka sebaiknya tetap membaca tahmid. Dengan membaca tahmid, maka bisa meringankan masalah yang Anda alami.

4. Menghapuskan Dosa

Keutamaan berikutnya saat membaca bacaan tahmid yaitu bisa menghapuskan dosa-dosa yang sudah Anda lakukan sebelumnya. Bacaan ini bisa membantu untuk menghapus dosa Anda apalagi jika mengikutinya dengan bacaan lain.

Adapun bacaan lain tersebut yaitu tahlil dan takbir yang Anda ucapkan dengan sungguh-sungguh.

5. Menambahkan Rezeki

Jika Anda bersyukur terhadap nikmat dari Allah SWT, maka Allah senantiasa akan terus menambahkan nikmatnya. Salah satu fungsi dari membaca tahmid yaitu untuk memperlihatkan rasa syukur Anda atas nikmat Allah SWT.

Karena itulah, sebanyak apapun nikmat yang Allah berikan Anda harus bersyukur dengan mengucapkan Alhamdulillah atau tahmid.

Baca juga:

Bacaan Takbir Arab, Latin dan Artinya

Selain bacaan tahmid, ada juga bacaan lain yang bisa Anda lafalkan yaitu takbir. Adapun takbir sendiri bisa Anda utarakan dengan membaca kalimat Allahu Akbar yang mempunyai arti yaitu Allah Maha Besar. Takbir (Arab: تَكْبِيْر‍‌‍‌َاتٍ, Takbīr) memiliki arti "Perbesar", secara istilah untuk frasa Arab Allahu Akbar (ٱللَّٰهُ أَكْبَرُ) yang artinya maha besar.

Sama seperti tahmid, kalimat takbir juga memiliki keutamaan tersendiri dan makna bagi Anda yang mengucapkannya. Salah satu makna dari membaca kalimat takbir yaitu merupakan sifat yang Allah SWT miliki sebagai Tuhan seluruh alam semesta.

Di mana sifat Maha Besar merupakan sifat yang tidak satupun makhluknya miliki. Karena itulah bacaan satu ini juga termasuk pujian dan keagungan yang bisa umat islam ucapkan kepada Allah SWT dalam keadaan tertentu.

Adapun takbir sendiri kerap umat muslim ucapkan saat tengah berdzikir. Karena berarti memuji Allah SWT dengan sifat Maha Besar, Anda juga bisa menjadikan takbir sebagai kalimat berdzikir kepadanya baik selesai sholat ataupun di waktu senggang.

Sebagai umat muslim yang taat, Anda juga wajib tahu keutamaan membaca takbir setiap hari.

Keutamaan Membaca Takbir

Ada sejumlah keutamaan saat Anda membaca takbir, di antaranya:

1. Memberikan Kebaikan untuk Hidup

Keutamaan dari takbir adalah untuk kebaikan hidup. Bagi Anda yang sering membaca takbir maka akan mempermudah dekat dengan Allah SWT. Hal ini tentu saja baik untuk hidup Anda baik di dunia maupun di akhirat.

Selain itu jika Anda menambah dengan bacaan dzikir lainnya, maka juga semakin memudahkan untuk selalu dekat dengan Allah SWT. Dengan dekat kepada Allah SWT, maka hidup yang Anda jalani terasa lebih mudah.

2. Bisa Membantu untuk Menghapuskan Dosa

Keutamaan dari bacaan takbir berikutnya adalah bisa membantu menghapuskan dosa-dosa. Di mana dosa-dosa tersebut adalah kesalahan yang sudah Anda perbuat sebelumnya baik itu dalam keadaan sadar atau khilaf.

Bacaan takbir untuk menghapus dosa ini juga bisa Anda tambahkan dengan bacaan dzikir lainnya. Dengan demikian, niscaya Allah SWT akan mengampuni dosa apalagi jika Anda bertobat nasuha.

3. Mendapat Ketenangan dalam Pikiran

Mendapat pikiran yang senantiasa tenang juga termasuk keutamaan dari membaca takbir. Adapun bacaan takbir yang mempunyai arti Allah Maha Besar dapat memberikan Anda ketenangan dalam pikiran. Ini tentunya sangat berguna untuk kehidupan umat manusia.

Saat membaca takbir, akan mengingatkan Anda bahwa Allah SWT adalah Tuhan yang Maha Besar. Selain itu semua yang terjadi di dunia ini adalah sesuai dengan kehendaknya. Bukan hanya itu, tak ada yang tidak mungkin di mata Allah SWT.

4. Memperkuat Ketaqwaan

Salah satu keutamaan dari membaca takbir lainnya yaitu memperkuat ketaqwaan umat islam. Saat kerap membaca takbir, Anda akan merasa dekat dengan Allah SWT. Apalagi jika Anda mengiringi membaca takbir dengan kalimat dzikir yang berisi pujian lainnya.

Karena itulah dengan rajin membaca takbir maka lama kelamaan tingkat ketaqwaan Anda menjadi lebih kuat.

5. Menyempurnakan Ibadah Puasa Ramadhan

Sesudah menjalani ibadah puasa ramadhan satu bulan lamanya, maka penutupan ibadah tersebut adalah dengan merayakan hari Idul Fitri adapun untuk menyempurnakan ibadah puasa Ramadhan tersebut, sebaiknya membaca kalimat takbir menjelang hari raya idul fitri.

Adapun membaca ataupun mengumandangkan takbir juga bisa Anda gabung dengan bacaan tahlil.

Itulah informasi tentang bacaan tahmid dan takbir lengkap dengan keutamaannya. Sudahkah Anda mengucapkannya hari ini?

1 komentar

  1. sangat bermanfaat,semoga menjadi amal kebajikan
    kunjungi juga blognya
    usnewscar.com