Cara Bikin Tulisan Arab Nama Sendiri Online dengan Qaamus

Berikut ini adalah cara membuat tulisan Arab dari nama sendiri yang bisa Anda terapkan lewat website Qaamus: Buka website qaamus.com

Tulisan Arab menjadi salah satu seni tulis yang unik dan cantik. Tidak heran kalau tulisan ini sering dipakai untuk menulis berbagai hal, seperti benda, nama tempat, dan yang paling sering adalah nama orang. Sayangnya beberapa orang masih bingung cara bikin tulisan Arab nama sendiri.

Berkat adanya teknologi yang semakin maju, siapapun kini bisa membuat tulisan Arab sendiri secara online lewat website Qaamus. Website ini bisa membantu Anda untuk membuat tulisan Arab secara mudah tanpa perlu ribet.

Tentang Website Qaamus

Qaamus.com merupakan sebuah aplikasi web yang berbasis Bahasa Arab Online yang bisa dipakai oleh siapapun secara mudah dan gratis. Kamus ini dapat menerjemahkan tulisan dari huruf latin ke huruf Arab.

Fiturnya cukup lengkap karena tulisan akan dilengkapi dengan harakat serta cara membacanya dalam bahasa Indonesia. Jadi, pengguna tidak akan merasa kesulitan atau kebingungan ketika hendak belajar mandiri.

Qaamus bermanfaat untuk membantu Anda dalam mengenal kata baru, menerjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa Arab, dan membuat nama sendiri di bahasa Arab dengan mudah.

Kata Kamus sendiri berasal dari bahasa Arab yaitu qamus dengan bentuk jamak qawamis. Kata itu ternyata asalnya dari kata Yunani yaitu okeanos yang artinya 'samudra'. Di sini maksudnya adalah wadah pengetahuan, khususnya adalah pengetahuan di bidang bahasa yang luas.

Cara Bikin Tulisan Arab Nama Sendiri

Bagaimana cara menulis huruf Arab di HP? Sebagaimana yang dibahas sebelumnya, Anda bisa menulis Arab dengan mudah di ponsel melalui website Qaamus. Di dalam website sudah ada fitur yang membantu Anda untuk langsung mengubah tulisan latin ke Arab dengan praktis sekali klik.

Berikut ini adalah cara membuat tulisan Arab dari nama sendiri yang bisa Anda terapkan lewat website Qaamus:

  1. Buka website qaamus.com
  2. Di situ ada beberapa opsi yaitu Kamus, “Terjemahan Nama (Pego)”, “Terjemah Angka”, dan “Peribahasa”.
  3. Jika ingin membuat nama sendiri, pilih “Terjemah Nama”.
  4. Masukkan nama yang ingin Anda terjemahkan ke bahasa Arab di kolom bagian atas.
  5. Misal ingin menuliskan nama Laila, tinggal ketik "Laila", dan klik ikon "Search".
  6. Maka nama Anda dalam bahasa Arab akan langsung muncul: لايله

Bagaimana, caranya sangat mudah kan? Bikin tulisan Arab nama sendiri itu tidak repot kalau pakai website Qaamus karena aksesnya juga langsung secara online.

Mengenal Fitur Lain di Qaamus.com

Belajar bahasa Arab mungkin sulit karena tidak ada akses atau fasilitas yang memadai. Semenjak ada situs web Qaamus inilah, aktivitas belajar bahasa Arab serta menerjemahkan berbagai kata atau kalimat menjadi lebih mudah.

Anda bisa menggunakannya kapan saja dan dimana saja secara mudah. Website Qaamus juga memiliki berbagai keunggulan. Anda bisa menggunakan sejumlah keunggulan lainnya, yaitu sebagai berikut:

1. Terjemah Angka

Selain membuat nama sendiri, Anda juga bisa memilih fitur lain yang bisa mengubah tulisan dari latin ke Arab. Misalnya angka. Terjemahan angka ini adalah sebuah fitur menarik yang bisa menerjemahkan angka dari latin ke Arab secara langsung dan mudah.

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Pilih menu “Terjemah Angka”.
  • Masukkan angka yang ingin Anda terjemahkan.
  • Misalnya angka 2023, maka akan muncul terjemahan dari angka 2023 ke bahasa Arab yaitu:
  • الألفان و الثالث و العشرون

Berapapun angka yang Anda masukkan, hasil terjemahan dan tulisan bahasa Arabnya akan langsung muncul.

2. Peribahasa

Ada juga peribahasa dengan kata-kata menarik yang ditulis dalam bahasa Arab serta tersedia juga dalam bahasa Indonesia. Ada banyak peribahasa bagus yang bisa Anda pilih. Beberapa peribahasa yang ada di website ini antara lain:

أُطْلُلبِ العِلْمَ مِنَ الـمَهْدِ إِلَى اللَّحْدِ

Artinya: Tuntutlah ilmu sejak dari buaian hingga liang kubur.

جَرِّبْ وَلاَ حِظْ تَكُن عَارِفًا

Artinya: Tuntutlah ilmu sejak dari buaian hingga liang kubur.

وَمَا اللَّذَّةُ إِلاَّ بَعْدَ التَّعَبِ

Artinya: Tidak kenikmatan kecuali setelah kepayahan.

مَنْ سَارَ عَلَى الدَّرْبِ وَصَلَ

Artinya: Barang siapa berjalan pada jalannya sampailah ia.

مَوَدَّةُ الصَّدِيقِ تَظْهَرُ وَقْتَ الضِّيْقِ

Artinya: Kecintaan/ketulusan teman itu, akan tampak pada waktu kesempitan.

3. Fitur Kamus Terjemahan

Ada juga fitur lainnya yang menarik untuk Anda gunakan, yaitu fitur kamus yang bisa digunakan untuk menerjemahkan tulisan dari bahasa Indonesia ke bahasa Arab dengan mudah.

Ikuti beberapa langkah berikut ini ketika ingin menggunakan fitur terjemahan kamus:

  • Pilih opsi “Kamus”.
  • Masukkan tulisan yang ingin Anda terjemahkan.
  • Misalnya ingin menulis “Saya akan belajar bahasa Arab”, tuliskan saja di bagian kolom atas. Lalu klik ikon “Search”.
  • Maka terjemahannya akan muncul, yaitu tulisan berikut سوف أتعلم اللغة العربية

Jadi, selain bikin tulisan Arab nama sendiri, Anda juga bisa menuliskan Arab dari terjemahan kata-kata, angka, atau peribahasa. Website berupa kamus online gratis ini adalah solusi yang tepat untuk Anda gunakan karena tidak perlu download aplikasi.

Baca juga:

Apa Saja Kelebihan Qaamus.com?

Sebagai situs web penyedia kamus daring untuk Bahasa Indonesia-Arab, ada beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan dari Qaamus.com.

1. Gratis

Situs web ini adalah situs gratis yang bisa diakses oleh siapa saja dengan mudah. Anda tidak perlu repot membayar maupun melakukan registrasi ketika menggunakan, jadi tergolong sangat praktis. Dengan situs ini, Anda bebas menikmati seluruh fiturnya tanpa perlu merasa kerepotan.

2. Memiliki Banyak Fitur

Keunggulan selanjutnya adalah situs web ini mempunyai banyak fitur menarik sebagaimana yang telah dibahas sebelumnya. 

Ada kamus yang bisa menerjemahkan bahasa Indonesia ke Arab, penerjemah angka, penerjemah nama, dan juga peribahasa. Fitur-fitur ini akan membantu Anda untuk mempelajari bahasa Arab dengan lebih mudah.

3. User-Friendly

Situs ini juga memiliki tampilan yang sederhana dan praktis. Sebagai pengguna, Anda bisa menggunakan situs web dengan mudah untuk mencari kata maupun frasa dalam bahasa Arab maupun bahasa Indonesia.

Dalam situs web ini pemilihan menunya juga mudah. Anda tidak akan kesulitan ketika memilih karena tata letaknya praktis dan sederhana.

4. Responsif

Anda akan merasa senang dan nyaman menggunakan situs web ini karena responsif. Situs Qaamus.com bisa Anda akses lewat berbagai perangkat dengan mudah, yaitu laptop maupun smartphone. Tampilannya tentu menyesuaikan dengan ukuran layar perangkat. 

Selain itu, situs web ini juga tidak lemot ketika diakses. Tidak butuh waktu lama, Anda akan langsung bisa menggunakannya. Hasil terjemahan juga lebih cepat dan selalu tepat. Tidak perlu menunggu waktu yang lama sampai bermenit-menit.

Kenapa Bahasa Arab Penting?

Ada beberapa alasan kenapa bahasa Arab dianggap sangat penting, terutama bagi umat Islam. 

  • Bahasa Arab merupakan syiar Islam yang menjadi bahasa utama di tempat turunnya Islam, yaitu Mekah. Faktanya, berbagai syiar dan literatur agama Islam memakai bahasa Arab sebagai pengantarnya.
  • Bahasa Arab juga digunakan sebagai bahasa untuk melakukan ibadah shalat dan berdzikir.
  • Bahasa Arab merupakan bahasa dari Al-Qur’an.
  • Dengan belajar bahasa Arab, Anda bisa memahami Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan lebih baik.

Selain itu, belajar bahasa Arab akan membuat Anda lebih fasih dalam pelafalannya. Penguasaan pelafalan yang baik dalam bahasa Arab akan membantu Anda untuk lebih mudah memahami dan dipahami saat berbicara dengan penutur asli.

Pelafalan yang tepat juga membantu untuk berkomunikasi secara efektif dan meminimalisir kesalahan dalam berbicara.

Anda bisa menggunakan situs web Qaamus untuk bikin tulisan Arab nama sendiri maupun belajar lebih dalam mengenai bahasa Arab. Selain bisa digunakan dengan praktis, Anda bisa mengaksesnya dengan mudah sekaligus gratis.

Posting Komentar