Kurangnya Cadangan Air Dapat Diatasi dengan Cara? Berikut Jawabannya

Kamu menemukan persoalan yang sulit pada mata pelajaran IPA? Seperti kurangnya cadangan air dapat diatasi dengan cara? Simak disini!

Berbicara mengenai pertanyaan kurangnya cadangan air dapat diatasi dengan cara seperti apa? Tentu kamu harus tahu terlebih dahulu pokok permasalahan dari hal tersebut.

Sebab hal ini, biasanya akan muncul pada materi sekolah tepatnya pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan pembahasan cara menjaga lingkungan. Menjaga lingkungan yang menjadi dasar pengetahuan siswa.

Kurangnya Cadangan Air Dapat Diatasi dengan Cara?

Ada beberapa alasan yang membuat bumi membutuhkan cadangan air yang tepat. Apalagi tentunya ini berkaitan dengan permasalahan fenomena kerusakan alam yang terjadi sekarang ini.

Dimana kurangnya cadangan air dapat diatasi dengan cara paling utama yaitu menjaga lingkungan alam dengan sangat baik. Karena kini air bersih semakin berkurang, sehingga berdampak negatif bagi semua elemen.

Jika pada materi sekolah, pertanyaan bagaimana cara mengatasi kurangnya cadangan air ini muncul. Maka, kamu bisa menyimak informasi singkat mengenai jawabannya sesuai dari sumber Google.

Kurangnya cadangan air bisa diatasi dengan cara?

  • Pembuatan irigasi sebanyak mungkin
  • Penggalian sungai sedalam mungkin
  • Penyempitan lahan pertanian
  • Penghijauan kembali hutan yang gundul

Jawaban terbaiknya adalah D. Penghijauan kembali hutan yang gundul.

Seperti halnya yang sudah kamu ketahui sebelumnya, jika cadangan air bersih sekitar lingkungan semakin berkurang. Maka, solusi paling tepat dengan penghijauan kembali hutan yang sudah gundul.

Biasanya hutan yang gundul karena eksploitasi lingkungan seperti pemotongan pohon secara besar-besaran tanpa adanya penanaman ulang. Sehingga, akan berdampak terhadap cadangan air yang semakin berkurang dalam bumi.

Selain penjelasan tersebut, penunjang lain dari pertanyaan pada buku karya Aryo Dewantara berjudul Resmi Tes Masuk Kampus Ikatan Dinas STAN STIS.

Buku tersebut yang menyebutkan bahwa penggunaan air tanah besar-besaran dan pengelolaan lingkungan kurang maksimal menjadi penyebab masalah tersebut.

Agar air hujan dapat menyerap dengan baik, maka pengelolaan lingkungannya juga harus baik pula. Oleh sebab itu, jangan sampai melakukan penebangan pohon secara besar-besaran tanpa adanya penanaman kembali.

Cara Lain Mengatasi Kurangnya Cadangan Air

Melanjutkan mencari solusi atas permasalahan tersebut, ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kurangnya cadangan air. Apalagi jika sampai kondisi krisis air mengancam kehidupan.

Bukan hanya tumbuhan saja yang akan merasakan dampaknya, tapi juga semua makhluk hidup baik hewan dan manusia. Pemanasan global dan penebangan hutan menjadi penyebab utama yang paling banyak mengurangi cadangan air.

Oleh sebab itu, kurangnya cadangan air tanah dapat diatasi dengan cara sebagai berikut:

1. Biopori

Cara pertama bernama biopori. Metode ini bisa kamu lakukan untuk meningkatkan cadangan air. Biopori sendiri merupakan pembuatan lubang untuk menampung curah hujan.

Selain itu, kurangnya cadangan air bisa diatasi dengan cara biopori ini juga bisa mentransfer curah hujan kedalam tanah secara efektif. Oleh karenanya, biopori bisa menjadi salah satu alternatif solusi terbaik.

Baca juga:

2. Reboisasi

Selanjutnya cara mengatasi kurangnya cadangan air dengan reboisasi. Reboisasi merupakan istilah lainnya dari yang kamu ketahui sebelumnya yaitu proses penghijauan hutan-hutan gundul.

Penghijauan ini sudah jelas bisa membantu meningkatkan cadangan air dalam tanah. Bahkan reboisasi juga bisa kamu gunakan untuk meningkatkan produksi air lebih cepat berjalannya.

Dengan begitu, pohon-pohon yang kamu tanam bisa mempersiapkan dan memprediksi ketersediaan cadangan air secara melimpah dalam tanah. Hal juga akan berdampak baik pada elemen lain, seperti ketersedian makanan untuk hewan.

3. Membuat Sumur Air

Tidak dapat kamu pungkiri bahwa pembuatan sumur air juga bisa menjadi salah satu solusi cara mengatasi kurangnya cadangan air. Kurangnya cadangan air bersih dapat diatasi dengan cara membuat sumur air, karena penyimpanannya efektif.

Sumur tersebut bisa kamu gunakan untuk mendatangkan pasokan air yang cukup dalam tanah. Dengan begitu, tumbuhan, hewan dan manusia tidak akan merasakan kesulitan atau kekurangan air termasuk air bersih.

Selain hal-hal tersebut, kamu juga bisa melakukan tindakan lain untuk memecahkan pertanyaan cara mengatasi kurangnya cadangan air  yaitu sebagai berikut:

  • Menghindari penggunaan air yang berlebihan
  • Tidak mengabaikan hal-hal kecil seperti pipa yang bocor, pipa menetes, dan lain sebagainya
  • Manfaatkan penampungan air hujan

Itulah beberapa jawaban dari kurangnya cadangan air dapat diatasi dengan cara bermacam-macam. Mulai dari reboisasi yaitu penghijauan kembali, biopori, membuat sumur air dan lain sebagainya.

Posting Komentar