Cara Menulis Tegak Bersambung dan Manfaatnya

Ada beberapa aturan dan cara menulis tegak bersambung yang baik, sehingga menghasilkan tulisan yang rapi. Yuk! Simak informasinya!

Huruf tegak bersambung menjadi salah satu materi pembelajaran pada Sekolah Dasar. Tujuannya untuk mempermudah menulis secara cepat dan hasilnya maksimal. Oleh karena itu, ada beberapa cara menulis tegak bersambung.

Cara-cara inilah nanti yang bisa membantu kamu untuk mendapatkan hasil tulisan yang bagus. Huruf tegak bersambung juga dikenal dengan istilah huruf latin. Artinya huruf tanpa terpisah antara hurufnya.

Cara Menulis Huruf Tegak Bersambung

Secara rincinya huruf tegak bersambung yaitu huruf yang ditulis secara bersama antara hurufnya tanpa terputus sama sekali. Mudahnya, huruf latin biasa yang ditulis menyatu satu sama lain.

Ada istilah lain dari huruf tegak bersambung yaitu menulis kursif. Sebab, tulisan huruf tegak bersambung tertulis indah. 

Tulisan ini juga sudah berkembang sejak abad ke-14 pada masa Renaissance untuk kawasan Benua Eropa. Terbukti dari banyaknya peninggalan bersejarah negara Eropa yang mempunyai tulisan bersambung.

Tujuan utama penulisannya yaitu membuat tampilan tulisan indah dan estetik. Hingga akhirnya teknik penulisan ini digunakan oleh seluruh masyarakat dunia. Adapun cara menulis tegak bersambung yang benar yaitu sebagai berikut:

1. Mempersiapkan Buku Tulis Halus

Langkah pertama yaitu mempersiapkan buku tulis halus. Buku inilah nanti yang akan menjadi media penulisannya. Buku halus sendiri merupakan buku yang berisi lembaran dengan garis-garis rapat.

Kerapatan garis pada buku lebih rapat jika dibandingkan dengan buku umumnya. Biasanya dalam satu kotak terdapat lima garis atau lebih yang berjajar.

Gunanya untuk memudahkan setiap orang yang akan menulis huruf tegak bersambung. Dengan buku halus, maka tulisan tegak bersambung akan terlihat lebih rapi dan indah.

2. Membedakan Huruf Kecil dan Huruf Besar

Berikutnya cara menulis huruf tegak bersambung yaitu membedakan huruf kecil dan huruf besar. Huruf besar dalam arti huruf kapital yang berada pada setiap kata jika dibutuhkan.

Membedakan antara keduanya akan sangat membantu dalam merealisasikan menulis huruf tegak bersambung. Karena huruf kecil dan besar memiliki penulisan yang berbeda-beda.

Dengan memahami huruf besar dan kecil, maka seseorang akan mudah untuk menulis sekaligus menyambungkannya. 

3. Membedakan Huruf

Selain huruf kecil dan besar, membedakan huruf abjad lainnya ketika belajar cara menulis tegak bersambung sangatlah penting. Huruf-huruf lainnya seperti huruf yang mempunyai jambul, ekor atau keduanya.

Bahkan ada beberapa huruf yang tidak memiliki keduanya. Tentu cara penulisan huruf tegak sambungnya akan berbeda-beda.  

Huruf jambul pun mempunyai dua jenis, yaitu jambul penuh dan jambul setengah. Adapun contoh huruf-huruf jambul dan huruf lainnya yaitu sebagai berikut:

  • Huruf jambul penuh seperti huruf b, huruf h, huruf k, dan huruf l
  • Huruf jambul setengah seperti huruf d dan huruf t
  • Huruf yang mempunyai jambul dan ekor seperti huruf f
  • Huruf-huruf lain tanpa jambul dan ekor seperti huruf e, huruf a, huruf i, huruf m, huruf n, huruf o, huruf r dan huruf lainnya

3. Mencontoh Tulisan Tegak Sambung Lainnya

Sebagai bahan ajar saja, mencontoh dalam arti menjiplak untuk terbiasa diperbolehkan termasuk dalam cara menulis huruf tegak bersambung. Siapkan tulisan tegak bersambungnya terlebih dahulu.

Kamu bisa mendapatkan contoh tulisan tegak bersambung pada banyak tempat, salah satunya seperti Google. Ambil saja tulisan tegak bersambungnya, kemudian cetak dengan warna huruf yang mencolok.

Gunanya agar lebih mudah untuk dijiplak. Letakkan hasil cetakan pada bawah lembaran buku halus. Tinggal menulis ulang apa yang sudah terdapat pada cetakan tersebut.

Cara ini hanya bisa kamu lakukan saat belum terlalu mahir. Namun, jika sudah mahir dalam menulis tegak bersambung lekaslah untuk melanjutkan ke tahap penulisan secara berulang-ulang agar terbiasa.

4. Membuat Tanda Titik-titik

Masih sama seperti tahap keempat, cara menulis tegak bersambung dengan rapi ini juga berguna untuk bahan latihan saja. Dengan memberi titik-titik pada buku halus akan mempermudah seseorang dalam menyambungnya.

Biasanya cara inilah yang paling banyak anak didik lakukan saat belajar menulis tegak bersambung. Sebab lebih efisien dan efektif untuk hasil yang maksimal.

Atau bisa juga membeli buku halus khusus yang berguna untuk bahan pelatihan dalam menulis. Dengan begitu, lama-kelamaan akan terbiasa menulis huruf tegak bersambung.

5. Menulis Secara Langsung

Jika sudah terbiasa, bisa langsung menulis secara manual. Tulislah sebuah kata tanpa terpisah dengan huruf sebelum dan sesudahnya. Perhatikan pula mana-mana saja huruf yang ditulis di atas garis hingga bawah garis.

Seperti contoh huruf g, huruf j, huruf p, dan huruf-huruf lainnya. Lakukan cara menulis tegak bersambung berulang kali untuk mendapatkan hasil sesuai harapan.

Dengan begitu akan terbiasa menulis tegak bersambung. Jika memang belum rapi dalam penulisannya itu hal yang wajar, terpenting mampu menyelesaikannya terlebih dahulu. Latih secara konsisten untuk mendapatkan tulisan yang lebih rapi.

Baca juga:

Aturan Menulis Tegak Bersambung

Melanjutkan dari cara menulis tegak bersambung yang menghasilkan tulisan bagus, maka ada beberapa aturan yang perlu kamu ketahui. Berikut beberapa aturan menulisnya:

Memperhatikan format tulisannya untuk huruf kecil dan huruf besar tegak bersambung terlebih dahulu. Karena setiap huruf punya perlakuan berbeda, dan jangan meninggalkan aturan baku menulis yang benar

Tulis sebuah kata tanpa ada pemisahan huruf satu pun

Perhatikan huruf-huruf yang berada pada atas garis dan bawah garis. Sebab cara menyambungkannya pun berbeda-beda

Butuh kerapian, ketelitian dan ketelatenan untuk mendapatkan hasil tulisan yang indah. Karena mudah dibaca menjadi salah satu hal yang penting dalam keterampilan menulis tegak bersambung.

Manfaat Menulis Tegak Bersambung

Pemberian materi penulisan tegak bersambung pada anak sekolah tentunya memiliki manfaat yang baik. Berikut beberapa manfaat yang bisa anak dapatkan ketika menulis tegak bersambung:

1. Melatih Fokus

Cara menulis tegak bersambung dengan benar bisa membantu melatih fokus seseorang terlebih anak sekolah. Sebab ada proses untuk menghasilkan bentuk huruf yang sempurna.

Berlatih menyatukan huruf satu ke huruf lainnya juga perlu adanya ketelitian dan kerapian. Jika tidak ada, maka tulisan akan terlihat acak-acakan alias tidak rapi berdampak pada pembacaan yang sulit.

2. Meningkatkan Kreativitas

Menulis tegak bersambung juga akan membantu melatih kreativitas seseorang, terutama pada masa-masa awal sekolah. Seseorang bisa dengan mudah menuliskan imajinasinya.

Dengan imajinasi melalui tulisan tersebut, maka seseorang akan menghasilkan tulisan dengan karya seni yang indah. 

3. Melatih Motorik

Selain kedua hal tersebut, merealisasikan tulisan tegak bersambung juga bermanfaat untuk melatih motorik terumata pada anak-anak. Kemampuan motorik anak akan lebih terstimulasi saat belajar menulis tegak bersambung.

Karena menulis tegak bersambung membutuhkan koordinasi yang baik antara otak, tangan dan mata. Koordinasi untuk menghasilkan tulisan huruf tegak bersambung yang indah.

Menulis tegak bersambung dengan hasil yang rapi membutuhkan proses latihan. Tidak instan, sekali belajar menulis langsung rapi. Apalagi menulis tegak bersambung memiliki manfaat yang banyak.

Itulah beberapa cara menulis tegak bersambung dengan mudah. Cobalah berulang kali untuk meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung, sehingga hasilnya sesuai harapan.

Posting Komentar