DOA SHOLAT TAHAJUD : Niat, Tata Cara, Waktu, Keutamaan, Bacaan Latin dan Artinya (Lengkap) - Kudupinter

Minggu, 25 Agustus 2019

DOA SHOLAT TAHAJUD : Niat, Tata Cara, Waktu, Keutamaan, Bacaan Latin dan Artinya (Lengkap)

Daftar Isi Artikel [Tampilkan]
Doa Sholat Tahajud - Pada kesempatan sebelumnya kita telah membahas terkait dengan ibadah sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW yaitu sholat dhuha. Namun pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara detail terkait dengan sholat sunnah tahajud yang memilik keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan sholat yang lain seperti salat witir salat tasbih dan lain sebagainya. Apa keunikan sholat tahajud tersebut? Tentu terletak pada waktu pelaksanaan dan doa sholat tahajud itu sendiri.

Sholat sunnah tahajud merupakan sholat sunnah dua rakaat yang diajarkan oleh Rasulullah saw dimana pelaksanaannya pada saat sepertiga malam. Penting kita untuk memahami apa arti kata dari tahajud itu sendiri? Arti kata tahajud dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai bangun tidur. Nah dari arti kata tersebut dapat kita pahami bahwa salat sunah tahajud  dilakukan oleh Rasulullah SAW pada saat bangun tidur di tengah malam. Tentunya beliau melaksanakan salat tahajud setelah melaksanakan salat isya kemudian dan bangun untuk melaksanakan sholat tahajud.

HADIST ANJURAN SHOLAT TAHAJUD

DOA SHOLAT TAHAJUD

Para ulama bersepakat bahwa shoat tahajud memiliki keunikan yang spesial bandingkan dengan salat salat yang lainnya. Ada beberapa ulama yang berpendapat bahwa salat sunah tahajud merupakan salat sunnah yang paling utama setelah sholat wajib. Hal tersebut idasarkan atas hadits rosulullahryang diosulull Bukhari yang berbunyi:

أَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ صَلاَةِ الْمَفْرُوْضَةِ، صَلاَةُ اللَّيْلِ.

“Shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat yang dilakukan di malam hari.”

Sudah semestinya kita sebagai ummat nabi muhammad saw selalu menjunjung tinggi nilai - nilai sunnah yang selalu beliau ajarkan kepada kita semua termasuk melaksanakan sholat sunnah tahajud ini. Kita kembalikan lagi bahwa esensi dari ibadah adalah mendekatkan diri kepada allah. Dan lain dari pada itu, ibadah sunnah berperan dalam memperbaiki ibadah wajib kita yang jauh dari kata sempurna.

Pada kesempatan kali ini penulis akan berbagi informasi kepada para pembaca semua terkait dengan doa sholat tahajud tata cara sholat tahajud niat sholat tahajud dzikir sholat tahajud dan keutamaan shilat tahajud.

NIAT SHOLAT TAHAJUD


اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Niat Sholat Tahajud Latin  

Ushallii Sunnatan Tahajjudi Rak'ataini Mustaqbilal Qiblati Lillaahi Ta'aalaa.

Arti Niat Sholat Tahajud (Terjemah)

Aku niat shalat sunat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta'ala

Perlu di ingat, bahwa niat sholat tahajud itu di baca secara siri di dalam hati dan di mantabkan melalui lisan. Bukan hanya di lisan saja. Tapi kedua - duanya. Karna niat letaknya adalah di dalam hati. Sedangkan membaca melalui lisan adalah bertujuan untuk memantapkan niat yang kita baca di dalam hati.

TATA CARA SHOLAT TAHAJUD 2 ROKAAT

TATA CARA SHOLAT TAHAJUD 2 ROKAAT
Ilustrasi sholat tahajud | sumber : brilio.com

Pada dasarnya salat sunnah tahajud dilakukan dengan jumlah rakaat minimal dua rakaat dan dua kali salam. mengenai jumlah rakaat maksimal tidak ditentukan , namun jumlah rokaat paling banyak pada umumnya adalah antara 8 sampai 12 rokaat. Yang sering para ulama setelah melakukan salat sunah tahajud disambung dengan salat Sunnah witir sebanyak 3 rakaat 2 kali salam. Adapun tata cara salat tahajud dua rakaat dan satu kali salam adalah sebagai berikut :
  1. Membaca Niat sholat Tahajud
  2. Takbirotul Ihram (اللَّهُ أَكْبَرُ  dengan mengangkat kedua tangan lalu bersendakap)
  3. Sunah Membaca Doa Iftitah (كَبِيرًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيرًا . . . sampai akhir) 
  4. Wajib Membaca Surah Al-Fatihah (الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ . . . . sampai akhir)
  5. Membaca Surah Ad-Dhuha (وَالضُّحَىٰ وَاللَّيْلِ إِذَا سَجَىٰ ..... samapi akhir)
  6. Ruku’ dengan tuma’ninah dan membaca doa سُبْحَانَ رَبِّىَ الْعَظِيمِ   sebanyak 3x
  7. I’tidal dengan tuma’ninah dengan membaca doa i'tidal  رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ وَمِلْءَ مَا شِئْتَ مِنْ شَىْءٍ بَعْدُ
  8. Sujud dengan tuma’ninah dengan membaca doa سُبْحَانَ رَبِّىَ الْأَعْلَى وَبِحَمْدِهِ
  9. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah dengan membaca doa duduk di antara 2 sujud رَبِّ اغْفِرْ لِى وَارْحَمْنِى وَاجْبُرْنِى وَارْزُقْنِى وَارْفَعْنِى
  10. Sujud kedua dengan tuma’ninah dan membaca doa sujud seperti pada poin 8.
  11. Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua
  12. Membaca Surah Al-Fatihah  (الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ . . . . sampai akhir)
  13. Membaca Surah As-Syams (وَالشَّمْسِ وَضُحَاهَا  sampai akhir)
  14. Ruku’ dengan tuma’ninah  membaca doa سُبْحَانَ رَبِّىَ الْعَظِيمِ   sebanyak 3x
  15. I’tidal dengan tuma’ninah dan  membaca doa i'tidal seperti poin 7.
  16. Sujud dengan tuma’ninah dengan membaca doa سُبْحَانَ رَبِّىَ الْأَعْلَى وَبِحَمْدِهِ sebanyak 3 x
  17. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah  dengan membaca doa seperti pada poin 9.
  18. Sujud kedua dengan tuma’ninah membaca doa سُبْحَانَ رَبِّىَ الْأَعْلَى وَبِحَمْدِهِ sebanyak 3 x
  19. Tasyahud Akhir dengan tuma’ninah التَّحِيَّاتُ لِلَّهِ وَالصَّلَوَاتُ وَالطَّيِّبَاتُ sampai akhir
  20. Salam ( السلام عليكم ورحمة الله  dengan menoleh kanan dan kekiri)
  21. Membaca doa setelah sholat tahajud

Setelah melaksanakan serangkaian rukun shalat tahajud, jangan bergegas pergi terlebih dahulu. Alangkah lebih baiknya kita duduk tenang memanjatkan do'a kepada allah saw. adapun do'a setelah shalat tahajud adalah seperti di bawah ini .

DOA SETELAH SHOLAT TAHAJUD SESUAI SUNNAH

DOA SETELAH SHOLAT TAHAJUD SESUAI SUNNAH
Ilustrasi doa sholat tahajud | sumber : blibli.com

اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ 
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ.

 اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Doa Sholat Tahajud Latin

Allaahumma Lakal Hamdu Anta Qayyimus Samaa Waati Wal Ardhi Wa Man Fiihinna. Wa Lakal Hamdu Anta Malikus Samaa Waati Wal Ardhi Wa Man Fiihinna. Wa Lakal Hamdu Anta Nuurus Samaawaati Wal Ardhi Wa Man Fiihinna. Wa Lakal Hamdu Antal Haqqu, Wa Wa’dukal Haqqu, Wa Liqaa’uka Haqqun, Wa Qauluka Haqqun, Wal Jannatu Haqqun, Wannaaru Haqqun, Wannabiyyuuna Haqqun, Wa Muhammadun Shallallaahu ‘Alaihi Wasallama Haqqun Wassaa’atu Haqqun.

 Allaahumma Laka Aslamtu, Wa Bika Aamantu, Wa ‘Alaika Tawakkaltu, Wa Ilaika Anabtu, Wa Bika Khaashamtu, Wa Ilaika Haakamtu, Faghfirlii Maa Qaddamtu, Wa Maa Akh-Khartu, Wa Maa Asrartu, Wa Maa A’lantu, Wa Maa Anta A’lamu Bihiminnii. Antal Muqaddimu, Wa Antal Mu’akhkhiru, Laa Ilaaha Illaa Anta, Wa Laa Haula Wa Laa Quwwata Illaa Billaah

Arti Doa Sholat Tahajud

“Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada).

Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Untuk lebih jelas dalam membaca dan menghafal doa sholat tahajud disebut berikut kami sematkan video yang akan membantu anda untuk membaca dan menghafal doa sholat tahajud. Silakan putar dan saksikan secara seksama.

MAKNA DOA SHOLAT TAHAJUD

 MAKNA DOA SHOLAT TAHAJUD
Ilustrasu doa sholat tahajud | sumber : dream.co.id

Doa tersebut di rumuskan oleh para ulama untuk dapat di amalkan oleh masyarakat secara umum seperti kita . Pada do'a tersebut memuat permohonan seorang hamba kepada allah untuk kemudahan rizky yang terikat oleh ruang dan waktu dan selalu diampuni segala dosa dan kesalahannya. Namun itu adalah permohan, bukan akad - akadan atau transaksional kita kepada allah. Jadi , jangan pernah menyalahkan allah apabila permohonan yang kita pinta belum di berkahi oleh allah . Dan percayalah allah maha pengabul doa'a hambanya dan allah maha bijaksana. Allah mengabulkan doa'a hambanya terkadang tanpa kita sadari dan tanpa kita duga. Dan sudah sepatutnya kita selalu mensyukuri segala nikmatnya.

Prnting kita untuk ketahui bahwa doa setelah salat duha memiliki kandungan makna yang cukup dalam. Kandungan makna tersebut meliputi kesejahteraan kehidupan baik di dunia maupun akhirat dan ketaatan seorang hamba kepada Allah subhanahu wa ta'ala. doa salat Dhuha paling tidak memiliki 3 kandungan makna yang kita gunakan untuk memohon kepada Allah saw yang meliputi :

Pujian Kepada Allah SWT
kandungan makna yang pertama yang harus ada dan penting adanya dalam doa sholat tahajud adalah pujian kepada Allah saw. Allah adalah dzat yang memiliki waktu tahajud. Dimana umat manusia mulai beraktivitas dan mulai pertukaran untuk mencari keberkahan Rizki Allah.Allah adalah dzat yang maha agung, yang maha kuat, yang maha menjaga, yang maha memberi, yang maha melindungi, yang maha indah, yang maha penyayang, seluruh umat seisi alam. Sudah sepatutnya kita memuji dan memohon hanya kepadanya demi kelancaran dan keberkahan kehidupan di dunia dan di akhirat.

Pendekatan Diri Kepada Allah SWT
Kandungan makna yang terdapat dalam doa sholat tahajud yang kedua adalah pendekatan diri kepada allah oleh seorang hambanya. Sudah selayaknya seorang hamba yang penuh akan dosa dan penuh kekurangan untuk selalu mendekat memohon ampun kepada sang pencipta yaitu allah swt. Karna, apalah daya seorang hamba jika tanpa allah swt. Rosul mengajarkan seluruh umat manusia untuk berpasrah diri dan selalu memohon ampun kepada allah. Semakin banyak umatnya mendekatkan diri kepada allah maka allah tidak akan pernah buta akan kebutuhan seorang hamba yang mendekat kepadanya.

Permohan Doa untuk Dikabulkan
kandungan makna ketiga dari doa salat tahajud adalah permohonan doa untuk dikabulkan oleh Allah subhanahu wa ta'alamelalui memuji sifat-sifat Allah yang maha sempurna. Dan tidak disalahkan apabila kita juga meminta keberkahan Rizki yang diberikan oleh Allah kepada para Sholihin terdahulu.

Nah itulah ketika kandungan makna yang minimal kita sematkan dalam setiap doa setelah salat duha kita masing-masing. Semoga kita senantiasa selalu diberikan kelancaran Rizki keberkahan dan nikmat syukur dalam menjalani kehidupan.


WAKTU SHOLAT TAHAJUD YANG DI ANJURKAN

WAKTU SHOLAT TAHAJUD YANG DI ANJURKAN
Ilustrasi waktu sholat tahajud | sumber : www.artisanalbistro.com

Pada dasarnya kita dapat melaksanakan sholat sunnah tahajud di awal di tengah atau pun di akhir waktu malam. Hal tersebut di karenakan para sahabat nabi menyaksikan nabi muhammad saw melaksnakan sholat tahajud di ketiga waktu tersbeut (awal, tengah, akhir). Sesuai dengan hadist yang di riwayatkan oleh sahabat annas bin malik yang merupakan pembantu nabi. hadist tersebut berbunyi :

مَا كُنَّا نَشَاءُ أَنْ نَرَى رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي اللَّيْلِ مُصَلِّيًا إِلَّا رَأَيْنَاهُ وَلَا نَشَاءُ أَنْ نَرَاهُ نَائِمًا إِلَّا رَأَيْنَاهُ

Tidaklah kami bangun agar ingin melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di malam hari mengerjakan shalat kecuali pasti kami melihatnya. Dan tidaklah kami bangun melihat beliau dalam keadaan tidur kecuali pasti kami melihatnya pula.- Hr Annas bin malik

Dalam hadis tersebut terkandang makna yang menjelaskan bahwa rosullah saw dalam mengerjakan sholat tahajud itu tidak terikat oleh suatu waktu. jadi kita dapat mencontoh beliau dalam batasan waktu melaksanakan sholat tahajud. Dapat kita laksanakan di awal waktu malam, pertengahan malam, atau di akhir malam yang biasa disebut dengan sepertiga malam.

Jika kita berbicara tentang waktu utama sholat tahajud, maka tentunya kita mengacu pada pendapat para ulama dan hadist yang telah di riwayatkan oleh shohabat. Para ulama berpendapat bahwa waktu utama kita melaksanakan sholat sunah tahajud adalah di sepertiga malam akhir. Pendapat para ulama tersebut didasarkan atas hadist rosulullah yang di riwayatkan oleh abu hurairah yang berbunyi :

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ فَيَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ وَمَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ وَمَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

Rabb kami -Tabaroka wa Ta’ala- akan turun setiap malamnya ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lalu Allah berfirman, “Siapa yang memanjatkan do’a pada-Ku, maka Aku akan mengabulkannya. Siapa yang memohon kepada-Ku, maka Aku akan memberinya. Siapa yang meminta ampun pada-Ku, Aku akan memberikan ampunan untuknya”. (HR. Bukhori)

Sepertiga malam yang di maksud dalam hadist tersebut adalah sepertiga malam yang terakhir. beberapa ulama menyimpulkan bahwa waktu malam di bagi menjadi tiga. dimana sepertiga malam yang pertama dimulai pada jam 20.00 dan berakir pada jam 23.00. sepertiga malam yang kedua dimulai pada jam 23.00 dan berakhir pada 01.30. Nah sedangkan sepertiga malam yang terakhir yan di maksud rosulullah dalam hadist yang di riwayatkan oleh abu hurairah tersebut di mulai pada jam 01.30 dan berakhir hingga menjelang subuh.

KEUTAMAAN SHOLAT TAHAJUD SEPERTIGA MALAM


Ilustrasi keutamaan sholat tahajud | sumber : berdakwah.net

Terdapat banyak manfaat dan keutamaan yang diperoleh kita istiqomah menjalankan ibadah sunnah ini yang bukan lain adalah sholat sunnah tahajud. Perlu difahami manfaat yang di rasakan oleh sesorang yang slelau bangun di tengah malam dan menjalankan sholat tahajud tidak hanya manfaat rohani namun juga manfaat jasmani yakni tubuh dan fikiran kita yang semakin segar. Selain itu, keistimewaan sholat tahajud juga di jelaskan dalam alquran surat al-muzammil ayat 6 yang berbunyi:


إِنَّ نَاشِئَةَ اللَّيْلِ هِيَ أَشَدُّ وَطْئًا وَأَقْوَمُ قِيلًا

Artinya : Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyu') dan bacaan di waktu itu lebih berkesan. 
Berdasarkan ayat alquran diatas dapat kita fahami bersama bahwa seseorang akan memperoleh kenikmatan yang mengesankan apabila ia menunaikan ibadah sholat tahajud di tengah malam. Karena selain kita memperoleh ketenangan dan kedamaian dai waktu tahajud, kita akan merasakan indahnya beribadah kepada allah dalam kondisi sunyi (kekhusyukan yang mendalam). Dilain dari pada hal tersebut, masih terdapat banyak lagi keutamaan-keutamaan dari sholat tahajud yang penting untuk kita fahami agar kita lebih semangat dalam menjalankan ibadah - ibadah sunah tersebut. berikut ulasannya yang kami rangkum dari berbagai macam literatur.

Sholat Tahajud Sebagai Sholat Yang Afdhol Setelah Sholat Fardhu Lima Waktu
Dalam sebuah hadist yang di riwayatkan oleh sahabat, rosulullah bersabda:

أَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ قِيَامُ اللَّيْلِ

Sholat yang paling afdhol setelah sholat fardhu adalah sholat malam” (HR. An Nasa’i)

Begitu tegas rosullullah memberikan nasihat kepada para sahabat agar supaya menunaikan ibadah sholat tahajud pada sepertiga malam secara istiqomah. Pada saat beribadah sholat di sepertiga malam, rosullullah telah merasakan kenikmatan yang paling berkesan dalam beribadah. Oleh karena itu, beliau menghimbau kepada para sahabat untuk menunaikan sholat tahajud di sepertiga malam.

Beribadah di tengah malam yang sunyi saat semua orang sedang beristirahat akan memberikan kekhusyukan yang lebih di bandingkan jika kita melaksanakan ibadah pada siang hari yang panas dan banyak orang yang sedang melaksanakan aktifitas. Alangkah indahnya jika kita turut melaksanakan ibadah tersebut. dan pada saat itulah kita berkesempatan untuk mengadukan segala macam masalah dan segala macam harapan kepada allah saw. dan insyallah apa yang telah kita mohon akan senantiasa di dengar olehnya dan di kabulkan oleh allah swt

Menjadikan Fikiran dan Tubuh Lebih Segar dan Fresh
Di saat anda terbangun dari tidur, hal yang akan membuat anda lebih tenang dan segar adaah bangun di tengah malam dalam kondisi suasana sepi, sunyi, dan segar. Kemudian menunaikan sholat-sholat sunnah yang umum di laksanakan seperti tahajud, witir, taubat, dan lain - lain akan meregangkan tubuh anda kembali lebih rilex dan sehat. Peredaan darah semakin lancar, fikiran tenang, dan tubuh lebih fressh karna kondisi sejuknya sepertiga malam.

Banyak aktifitas - akatifitas dalam sholat yang justru memiliki pengaruh positif untuk kesehatan tubuh kita. Selain hal nya gerakannya yang akan memperlancar peredaran darah, aktifitas-aktifitas sholat akan meregangkan otot-oto tubuh agar tidak selalu tegang. Apalagi jika anda melaksanakannya di sepertiga malam dalam kondisi udara sejuk nan digin, suasana sepi nan sunyi, subhannallah betapa nikmat tersebut berkesan dalam hati kita sebagai hamba allah.

Sholat Tahajud Sebagai Ibadah yang Dapat Menghapus Dosa
Terdapat sebuah hadist yang di riwayatkan dari  Abu Umamah al-Bahili berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda:

Lakukanlah Qiyamul Lail, karena itu kebiasaan orang saleh sebelum kalian, bentuk taqarub, penghapus dosa, dan penghalang berbuat salah. (HR. At-Tirmidzi)

Tidak dapat di pungkiri lagi, kita sebagai seorang hamba tuhan, pasti memiliki banyak kesalahan dan banyak sekali dosa yang telah kita perbuat. Penting rasanya bagi kita untuk terus memohon ampun kepada allah atas segala dosa, baik itu dosa yang disengaja atau dosa yang tak disengaja. Bagaimana cara agar dapat di ampuni dosa - dosa kita oleh allah ? salah satu caranya adalah dengan memohon ampunan atas segala dosa pada saat setelah melaksanakan sholat sunnah tahajud di sepertiga malam. Mengapa demikian ? kita dapat meniru orang - orang saleh sebelum - sebelumnya yaitu memohon ampunan setelah melaksanakan sholat tahajud.


Ibadah Sunnah Yang Akan SWT Semakin Mendekatkan Dirimu Kepada Allah
Dalam sebuah hadist rosul yang di riwayatkan oleh imam Tirmidzi, Al-Hakim,
Baihaqi. Dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Irwaa Al Ghalil. Hadist tersebut berbunyi :

Hendaklah kalian melaksanakan sholat malam karena sholat malam itu merupakan
kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, ibadah yang mendekatkan diri kepada
Tuhan kalian, serta penutup kesalahan dan penghapus dosa. (HR. Tirmidzi).

Tujuan seluruh jenis ibadah baik itu wajib maupun sunnah yang telah di ajarkan oleh beginda besar nabi muhammad kepada kita semua umat islam adalah mendekatkan diri kepada allah sebagi sang pencipta seluruh alam serta seluruh isinya. Semakin kita terus melaksanakan ibadah wajib dan sunnah niscaya apa yang selalu kita minta dan memohon, insyallah akan terkabul olehnya. Tak ada hal lain yang lebih baik yang ada di dunia ini jika di bandingkan dengan kedekatan seorang umatnya kepada allah swt. Dengan semakin seringnya kita melaksanakan sholat tahajud, insyaalah kita akan merasakan keindahan kedekatan seorang hamba kepada allah.

Ibadah Sunnah yang Allah SWT Akan Mengangkat Drajatmu Lebih Tinggi
Dari sekian banyak keutamaan - keutamaan sholat tahajud, tedapat salah satu keutamaan yang paling menarik bagi kita seorang hamba. Keutamaan tersebut adalah mendapat derajat yang tinggi dan terpuji di hadapan allah swt. Hal tersebut sesuai dengan firman allah dalam QS. Al-Isra ayat 79 yang berbunyi :

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Artinya : Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.

Maha suci allah dengan segala firmannya. Allah swt memberikan kesempatan kepada seluruh hambanya untuk menjadi seorang hamba yang baik. salah satu caranya dengan selalu istiqomah dalam menjalankan ibadah yang telah di ajarkan oleh allah melalui nabi muhammad khususnya sholat tahajud. Allah akan mengangkat drajat seorang hamba yang istiqomah dalam menjalankan sholat tahajud. subhannallah.

Sholat Tahajud Akan Mempercepat Doa - Doamu Terkabul Oleh Allah
Para ulama terdahulu sering berpersan kepada kita, sholatlah kamu pada sepertiga malam, karna dengan begitu doa- doamu yang selalu engkau panjatkan akan segera di kabulkan oleh allah. Nasihat tersebut di dasarkan pada sebuah hadis yang berbunyi :

أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ : يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِيْنَ يَبْقَى ثُلُثُ الأَخِيْرِ يَقُوْلُ : مَنْ يَدْعُوْنِيْ فَأَسْتَجِيْبَ لَهُ, مَنْ يَسْأَلُنِيْ فَأُعْطِيَهُ, مَنْ يَسْتَغْفِرُنِيْ فَأَغْفِرَ لَهُ


Artinya : Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun ke langit dunia pada setiap malam yaitu ketika sepertiga malam terakhir, (kemudian) Dia berfirman, ‘Barang siapa berdoa kepada-Ku, niscaya akan Aku kabulkan, barang siapa meminta kepada-Ku, niscaya akan Aku berikan, dan barang siapa memohon ampun kepada-Ku, niscaya akan Aku ampuni.’”
Memang kita di perkenankan untuk berdoa kepada allah tidak terbatas ruang dan waktu, dimanapun dan kapanmu kita di anjurkan untuk selalu berdoa untuk memohon kelancaran, kesehatan, rizky, ilmu kepadanya. Namun, dalam hadist tersbut, kita di anjurkan untuk berdoa dalam waktu yang mustajab (waktu di kabulkannya doa) yaitu di sepertiga malam. Karna pada saat itulah allah akan mendengarkan doa kita lebih intenst.

Sarana dalam Mencapai Sebuah Kemulyaan
Dalam sebuah hadist rosul yang di riwayatkan oleh imam hakim. rosulullah mengatakan:

وَاعْلَمْ أَنَّ شَرَفَ الْـمُؤْمِنِ قِيَامُهُ بِاللَّيْلِ

Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada shalat malamnya” (HR. Hakim; hasan)
Keistimewaan sholat tahajud ini sudah terbukti di rasakan oleh banyak kaum mukmin yang istiqomah menjalankan sholat tahajud. Mereka memiliki kewibawaan yang lebih tinggi di bandingkan kaum muslimin yang tidak melaksanakan tahajud di spertiga malam. Perlu di ketahui, para kyai, habaib, ulama, ustad, selalu menunaikan ibadah tahajud di sepertiga malam sehingga mereka memperoleh kemulyaan tersendiri dikalangan kaum muslim.

Melepaskan dari Ikatan Jin dan Setan yang Terkutuk
Dalam sebuah hadist nabi muhammad saw yang di riwatkan oleh imam muslim, rosulullah mengatakan :

Setan akan mengikat kepala seseorang yang sedang tidur dengan ikatan, menyebabkan kamu tidur dengan cukup lama. Apabila seseorang itu bangkit seraya menyebut nama  Allah, maka terlepaslah ikatan pertama, apabila ia berwudhu maka akan terbukalah ikatan kedua, apabila di shalat akan terbukalah ikatan semuanya. Dia juga akan merasa bersemangat dan ketenangan jiwa, jika tidak maka dia akan malas dan kekusutan jiwa. (HR. Muslim)

Pada saat kita dalam kondisi tidur, setan dan jin terus mengikat kita sehinngga kita tak kuasa untuk bangun dari tidak dan melakukan perbuatan - perbuatan baik. Kita akan merasakan berat dan tak kuasa untuk bangun karna godaan setan begitu besar. Jika kita bangun kemudian langsung mengambil air wudhu, niscaya kita terlepas dari godaan setan. Alangkah lebih baik kita teruskan dengan menjalankan ibadah sholat sunnah tahajud id sepertiga malam dan sholat daf'il bala', niscaya kita akan selalu terjaga dari gangguan setan dan jin yang terkutuk.

Demikian adalah doa salat tahajud yang bisa kalian baca ketika kalian sudah melaksanakan salat tahajud di malam hari. Namun jika kita mampu dan bisa kita bisa menambah atau menggunakan doa lain setelah kita melaksanakan salat tahajud.namun dengan syarat kita harus paham dan mengerti tentang apa yang kita ucapkan untuk berdoa kepada Allah. Hal penting dan perlu kita perhatikan adalah pada saat kita berdoa hendaknya kita menggunakan tata bahasa yang sopan memuji dan memohon. Dan jika anda tidak mampu anda cukup menghafal doa diatas.atau bahkan jika anda tidak mampu juga untuk menghafal doa diatas Anda cukup berdoa kepada Allah dengan menggunakan bahasa sesuai dengan yang Anda pahami dengan konteks kesopanan

Comments


EmoticonEmoticon