9 Surat Penenang Hati di Alquran, Hilangkan Gelisah dan Sedih!

Berikut adalah 9 Surat Penenang Hati di Alquran Untuk Hilangkan Gelisah dan Sedih yang bisa anda baca.

Hidup di dunia tidak terlepas dari masalah, tak jarang ada banyak kekhawatiran dan perasaan gelisah. Oleh karena itu ada surat penenang hati di Alquran. Membaca dan memahami Alquran, serta yakin pada Allah membawa ketenangan hati.

Dalam hal ini, Alquran menjadi pedoman dan memberikan petunjuk atas apa yang tidak Anda ketahui, sehingga meyakinkan hati Anda dan menghilangkan kekhawatiran, kesedihan, ketakutan, kegelisahan, dan kebingungan

Surat Penenang Hati di Alquran

Alquran memiliki 114 surah dengan berbagai petunjuk. Beberapa ayat dalam surah Alquran memiliki keutamaan, salah satunya untuk menenangkan hati. Allah menyampaikan petunjuk kepada manusia dalam Alquran dengan kalimat-kalimat yang mulia dan menenangkan. 

Mungkin sudah biasa jika hanya membaca surah dalam Alquran, berikut beberapa surah dan detail ayat dalam Alquran yang menyiratkan tentang ketenangan hati sehingga bisa Anda amalkan, serta bisa meresapi petunjuk Allah dengan tulus dari hati. 

1. Surat Al-Baqarah

Dalam Alquran, surah Al-Baqarah ada pada juz 1 hingga awal juz 3. Dalam surat terpanjang ini, terdapat ayat-ayat untuk menenangkan hati, salah satunya adalah ayat 255 atau ayat kursi. Berikut penjelasan beberapa ayat penenang hati dalam surah Al-Baqarah.

Ayat 250

Ayat 250 menunjukkan doa agar sabar dan tegar dalam menghadapi masalah, sekaligus memohon pertolongan Allah SWT. berikut lafadz arab dan arti surah Al-Baqarah ayat 250.

وَلَمَّا بَرَزُوْا لِجَالُوْتَ وَجُنُوْدِهٖ قَالُوْا رَبَّنَآ اَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَّثَبِّتْ اَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ۗ

Artinya: Dan ketika mereka maju melawan Jalut dan tentaranya, mereka berdoa, “Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

Ayat 255 atau Ayat Kursi

Ayat 255 merupakan ayat kursi atau A'damul Ayat alias ayat paling agung dalam Alquran. Dari Ayat Kursi, manusia harus tahu bahwa Allah itu sempurna dan maha segalanya, memiliki kekuasaan atas semua yang ada di langit dan bumi. Berikut lafadznya, 

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ(٢٥٥)

Anda bisa membaca ayat ini untuk menenangkan hati karena Ayat Kursi memiliki banyak fadilah, seperti melindungi diri dari manusia dan jin. Tak hanya itu, ayat kursi juga menghilangkan ketakutan, Allah akan menjaga Anda, keluarga, bahkan hingga keturunan Anda. 

Ayat 285-286

ءَامَنَ ٱلرَّسُولُ بِمَآ أُنزِلَ إِلَيْهِ مِن رَّبِّهِۦ وَٱلْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ ءَامَنَ بِٱللَّهِ وَمَلَٰٓئِكَتِهِۦ وَكُتُبِهِۦ وَرُسُلِهِۦ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِّن رُّسُلِهِۦ ۚ وَقَالُوا۟ سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ ٱلْمَ صِيرُ(٢٨٥)

لَا يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا ٱكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ إِن نَّسِينَآ أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُۥ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِۦ ۖ وَٱعْفُ عَنَّا وَٱغْفِرْ لَنَا وَٱرْحَمْنَآ ۚ أَنتَ مَوْلَىٰنَا فَٱنصُرْنَا عَلَى ٱلْقَوْمِ ٱلْكَٰفِرِينَ(٢٨٦)

Dua ayat terakhir surah Al-Baqarah ini sebaiknya Anda baca setiap malam. Menurut hadits al-Bukhari dan Muslim, bahwa akan dicukupkan seseorang apabila membaca dua ayat terakhir surah Al-Baqarah. Dalam hal ini berarti cukup untuk menjaga dari kegelisahan, kekhawatiran, keburukan manusia atau jin. 

2. Surat Pendek Penenang Hati, Al-Fatihah

Surah Al-Fatihah juga menjadi surat penenang hati karena mencakup banyak keutamaan. Hadits Riwayat. ad-Dailamy, dari sabda Rasulullah menunjukkan bahwa membaca surah Al-Fatihah dan ayat kursi dapat menghindarkan Anda dari penyakit 'Ain, baik dari manusia maupun jin. 

Surah yang punya tujuh ayat ini, menurut Kitab Khazinatul Asrar juga punya beberapa nama sesuai keutamaanya, seperti induknya Alquran, suuratun nuur atau membawa cahaya untuk manusia, suuratur ruqyah atau surat obat, suuratus shafiyah atau menyembuhkan, dan lain-lain. 

3. Al-Insyirah, Surat Al-Quran Penenang Hati dan Pikiran

Bagi Anda yang merasa tidak tenang menghadapi kesulitan, bisa meresapi surah Alquran ke 94, surah Al-Insyirah. Surah berisi 8 ayat ini memiliki tafsir bahwa Allah telah memberikan nikmat, serta petunjuk dari Allah bahwa setiap kesulitan pasti ada kemudahan, seperti yang tercantum pada ayat 5-6. 

أَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَ ﴿١﴾ وَوَضَعْنَا عَنكَ وِزْرَكَ ﴿٢﴾ الَّذِي أَنقَضَ ظَهْرَكَ ﴿٣﴾ وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَ ﴿٤﴾ فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا ﴿٥﴾ إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا ﴿٦﴾ فَإِذَا فَرَغْتَ فَانصَبْ ﴿٧﴾ وَإِلَىٰ رَبِّكَ فَارْغَب ﴿٨﴾

Artinya: 

(1) Bukankah Kami telah melapangkan dadamu (Muhammad)?, (2) dan Kami pun telah menurunkan bebanmu darimu, (3) yang memberatkan punggungmu, (4) dan Kami tinggikan sebutan (nama)mu bagimu. (5) Maka sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan (6) sesungguhnya beserta kesulitan itu ada kemudahan. (7) Maka apabila engkau telah selesai (dari sesuatu urusan), tetaplah bekerja keras (untuk urusan yang lain), (8) dan hanya kepada Tuhanmulah engkau berharap

Oleh karena itu, Rasulullah memerintahkan untuk membaca surah Al-Insyirah setiap hari, pada siang atau malam hari agar terhindar dari beban masalah berat. Surah ini akan memberikan kekuatan untuk Anda untuk meraih kebaikan di dunia dan akhirat. 

Baca juga:

4. Surat Yasin

Surat Yasin seringkali dibaca, ketika tahlil, ziarah kubur atau mendoakan mayit, atau setiap kamis. Surah Yasin bermanfaat bagi yang membacanya. Bagi yang membaca Yasin, dengan seizin Allah akan diampuni dosanya, mendapatkan ketenangan, hingga kemudahan dalam suatu urusan. 

Dari Yahya bin Abu Kasur, bagi yang membaca surah Yasin pada pagi hari maka akan mendapat kelapangan sampai sore. Jika membaca ketika sore maka mendapatkan kelapangan hingga pagi. Anda bisa berdoa setelah membaca surat yasin agar mendapat ketenangan batin.

Sesuai hadits \ riwayat Abu Daud, bahwa Allah akan mengabulkan permohonan orang membaca surat Yasin dan as-Shaffat pada malam jumat. Yasin adalah surah ke 36, sedangkan al-Shaffat surah ke 37 pas setelah Yasin. 

5. Surat Penenang Hati di Alquran: Surah Ar-Ra'd 

Surah Ar-Ra'd merupakan surah ke-13 terdiri dari 43 ayat. Surah ini menjelaskan kekuatan dan kodrat Allah, Allah mempunyai segala ilmu. Menjelaskan pula timbal balik atas perbuatan manusia, berupa ancaman siksa atau pemberian pahala. 

Salah satu keutamaan dari surah ini adalah mengandung doa untuk meminta ketenteraman pada Allah SWT, juga sebagai doa agar selamat dan terhindar dari suatu penyakit. Doa ini tertera pada surah Ar-Ra'd ayat 28, berikut lafadz dan artinya. 

ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ ٱللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ ٱللَّهِ تَطْمَئِنُّ ٱلْقُلُوبُ

Artinya: (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar-Ra’d: 28)

6. Surat Yusuf

Membaca surat Yusuf memberikan ketenangan hati, batin, dan pikiran. Oleh sebab itu, surah ini terkenal di kalangan ibu hamil, bukan hanya berdoa agar anak rupawan dan shalih, surat Yusuf bisa menenangkan hati. Selain itu, surat Yusuf juga mengajarkan akan kesabaran. 

Surat ke-12 yang terdiri 111 ayat ini menunjukkan pentingnya untuk bersabar terhadap segala ujian. Seperti dalam surat Yusuf yang mengisahkan Nabi yusuf sabar menghadapi cobaan rayuan wanita cantik, kekuasaan, dan menahan godaan kemaksiatan lainnya. 

Menurut dari Tafsir Majmu'ul Bayan juga menyiratkan bahwa surah Yusuf ini sebagai penenang. Dalam hal ini, ketenangan dari Allah berupa sakaratul maut yang mudah, serta tidak mudah terhasut bagi orang yang membaca dan mengajarkan Surat Yusuf pada keluarga. 

7. Surat Ali Imron

Anda tidak boleh melewatkan Ali Imran sebagai surat Alquran untuk menenangkan hati. Surah ketiga dalam Alquran ini berisi tentang hukum pentingnya bermusyawarah, keimanan, kisah perang uhud, badar, keluarga Imran, dan nilai yang bisa diambil dari peristiwa tersebut. 

Surah Madaniyah 200 ayat ini punya banyak keutamaan, seperti didoakan malaikat, disifati orang kaya, obat penyakit gila, dan lain-lain. Dalam surah ini juga terdapat doa pada ayat 8 untuk ketenangan hati berupa menghindarkan dari kesesatan, memohon petunjuk, serta rahmat. 

Berikut lafadz dan artinya,

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً ۚاِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

Artinya: (Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau condongkan hati kami kepada kesesatan setelah Engkau berikan petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi.”

8. Ad-Duha, Surah Al-Quran Penenang Hati yang Sedih

Ad-Duha turun ketika Rasulullah sedih, oleh karena itu Ad-Duha juga bisa Anda baca untuk menenangkan hati ketika sedang sedih. Allah menunjukkan bahwa Allah tidak pernah meninggalkan Rasulullah, justru Allah selalu menjaga, ada pula perintah untuk selalu bersyukur atas nikmat Allah. 

Berikut lafadz dan arti Ad-Duha,

 (١) وَالضُّحٰى (٢) وَالَّيْلِ اِذَا سَجٰىۙ (٣) مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلٰىۗ (٤) وَلَلْاٰخِرَةُ خَيْرٌ لَّكَ مِنَ الْاُوْلٰىۗ (٥) وَلَسَوْفَ يُعْطِيْكَ رَبُّكَ فَتَرْضٰىۗ (٦) اَلَمْ يَجِدْكَ يَتِيْمًا فَاٰوٰىۖ (٧) وَوَجَدَكَ ضَاۤلًّا فَهَدٰىۖ (٨) وَوَجَدَكَ عَاۤىِٕلًا فَاَغْنٰىۗ (٩) فَاَمَّا الْيَتِيْمَ فَلَا تَقْهَرْۗ (١٠) وَاَمَّا السَّاۤىِٕلَ فَلَا تَنْهَرْ (١١) وَاَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ

Artinya: (1) Demi waktu duha (ketika matahari naik sepenggalah), (2) dan demi malam apabila telah sunyi, (3) Tuhanmu tidak meninggalkan engkau (Muhammad) dan tidak (pula) membencimu, (4) dan sungguh, yang kemudian itu lebih baik bagimu dari yang permulaan. (5) Dan sungguh, kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu, sehingga engkau menjadi puas. (6) Bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang yatim, lalu Dia melindungi(mu), (7) dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung, lalu Dia memberikan petunjuk, (8) dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan, lalu Dia memberikan kecukupan. (9) Maka terhadap anak yatim janganlah engkau berlaku sewenang-wenang. (10) Dan terhadap orang yang meminta-minta janganlah engkau menghardik(nya). (11) Dan terhadap nikmat Tuhanmu hendaklah engkau nyatakan (dengan bersyukur).

9. Surat Ar-Rahman

Surah ke-55 ini memiliki keindahan ayat fabbi ayyi aala’irabbikuma tukadziban sebanyak 31 kali, yang berarti nikmat tuhan manakah yang kamu dustakan? Jadi, membaca serta meresapi makna Ar-Rahman termasuk memuji dan mengingat kuasa Allah sehingga ada ketentraman dan ketenangan hati. 

Berdasarkan Ubay bin Ka’b, Rasulullah bersabda, Allah merahmati ketidakberdayaan orang yang membaca Ar-Rahman. Begitu pula dari tafsir Ats Tsaqolayn, Rasulullah bersabda, Allah meridhoi kenikmatan dan menyayangi kelemahan yang membaca Ar-Rahman. 

Ada macam-macam bacaan surat penenang hati di Alquran, selain dari membaca surah tersebut, Anda harus meyakini kuasa Allah atas segala peristiwa yang terjadi dalam hidup manusia, jadi jadikan Alquran sebagai penenang hati, senantiasa memohon pertolongan dan rahmat Allah SWT.

Posting Komentar