Literatur Adalah: Pengertian, Jenis dan Contoh-Contohnya Lengkap

Bagi yang sering mencari bahan rujukan untuk pembuatan makalah dan jurnal, bisa dibilang, literatur adalah sebuah pilihan. Namun apakah Anda tahu apa?

Dalam bidang literasi, literatur adalah sesuatu hal yang memiliki peran yang cukup penting, yang sering dijadikan sebagai bahan rujukan. Meskipun demikian, tidak semua orang memahami apa sebenarnya yang dinamakan dengan literatur.

Oleh karena itu, agar Anda bisa lebih memahami mengenai literatur contoh dan pengertiannya. Maka Anda bisa menyimak informasi penting yang akan dibahas di bawah ini.Tak perlu menunggu lama lagi, yuk simak informasinya berikut ini!

Apa Itu Literatur?

Jika berbicara mengenai literatur, pastinya ingatan Anda akan langsung tertuju kepada literasi. Sebenarnya hal tersebut memang sangat wajar adanya, karena memang literatur adalah bagian dari literasi.

Sehingga jika Anda ingin mengetahui apa yang dimaksud dengan literatur, maka mau tak mau, Anda perlu memahami terlebih dahulu pengertian dari literasi tersebut. Secara garis besar, literasi merupakan kemampuan seseorang dalam membaca, menulis, berhitung, dan saat memecahkan suatu masalah.

Lalu apa yang dimaksud dengan literatur? Mengenai hal ini, sebuah situs tanya jawab brainly menyebutkan bahwa literatur adalah brainly merupakan sebuah sumber maupun acuan yang sering digunakan dalam berbagai aktivitas. Khususnya aktivitas yang berkaitan dengan bidang akademik.

Bahkan ada beberapa pendapat yang mengartikan bahwa literatur adalah sebuah rujukan yang sering digunakan untuk memperoleh informasi tertentu. Dimana literatur yang dimaksud disini bisa berupa buku-buku bacaan, surat kabar, serta beberapa dokumen lainnya.

Untuk lebih memahami mengenai literatur secara keseluruhan, maka Anda perlu mempelajari jenis-jenis serta contoh dari literatur itu sendiri. Bagi Anda yang cukup kesulitan dalam mencari tahu mengenai jenis dan contoh literatur, maka Anda bisa menyimak informasi lengkapnya di bawah ini.

Jenis-Jenis Literatur

1. Literatur Primer

Jenis literatur yang pertama dikenal dengan istilah literatur primer. Dimana jenis literatur yang satu ini merupakan jenis literatur yang dibuat dalam bentuk karya tulisan, yang sebagian besar berisi satu ataupun beberapa kajian.

Beberapa contoh dari literatur primer adalah jurnal, artikel, makalah seminar, majalah ilmiah, disertasi, laporan penelitian, dan yang lainnya. Dimana beberapa literatur tersebut digunakan untuk membuat sebuah jurnal ataupun beberapa karya ilmiah lainnya.

2. Literatur Sekunder

Selain literatur primer, jenis literatur lainnya yang sering dijadikan bahan rujukan yaitu literatur sekunder. Dimana dalam jenis ini, digambarkan bahwa literatur adalah sebuah sumber rujukan yang bersifat primer, namun yang ditampilkan dalam versi ringkas.

Dengan kata lain, literasi sekunder merupakan salah satu jenis literasi yang berisi sejumlah informasi mengenai literasi primer, namun dibuat lebih simpel (ringkas). Mengenai hal ini, ada beberapa orang yang menyebut literasi sekunder sebagai contoh fakta literatur referensi.

Hal ini dikarenakan, dalam literatur sekunder, Anda hanya akan menemukan beberapa penjelasan yang merupakan pengulangan dari sejumlah pengetahuan yang sudah ada. Dengan kata lain, pengetahuan yang dijelaskan dalam literatur sekunder bukanlah pengetahuan baru.

Dimana dalam prakteknya, literasi sekunder hanya membahas pengetahuan yang sudah ada, dengan penjelasan yang lebih sederhana. Adapun contoh dari jenis literatur ini antara lain kamus, ensiklopedia, majalah indeks, tinjauan data, direktori, majalah abstrak, bibliografi, thesaurus, dan sebagainya.

3. Literatur Tersier

Literatur tersier merupakan salah satu jenis literatur yang berisi sejumlah informasi untuk memperoleh literasi sekunder. Dengan kata lain, dalam literatur jenis ini, literatur adalah sebuah sumber rujukan yang diperoleh dari sumber rujukan yang lain.

Salah satu contohnya yaitu saat Anda menemukan sumber rujukan dari sebuah ensiklopedia tertentu. Dimana untuk mendapatkan sumber rujukan ensiklopedia tersebut, Anda perlu mencari sebuah ensiklopedia yang lainnya.

Baca juga:

Contoh-Contoh Literatur

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa sumber literatur adalah sebuah rujukan yang digunakan untuk berbagai aktivitas, khususnya yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Dimana beberapa contoh literatur yang sering digunakan pada masa ini terbagi ke dalam beberapa kategori. Antara lain:

1. Buku

Buku merupakan salah satu contoh literatur yang paling banyak digunakan untuk mendapatkan informasi ataupun sebagai sumber rujukan untuk berbagai aktivitas pendidikan lainnya. Dimana contoh literatur yang satu ini bisa Anda temukan dalam bentuk cetak, pdf, maupun dalam format digital.

Dimana yang dimaksud dengan literatur pdf digambarkan bahwa literatur adalah pdf. Dalam arti, buku cetak yang dijadikan bahan rujukan telah dibuat dalam format pdf. Sehingga tidak bisa diubah/diedit, sebagaimana keinginan pembaca. 

Sedangkan buku dengan format digital, kini dikenal dengan istilah e-book. Untuk mendapatkan informasi dari e-book ini, Anda bisa mengakses beberapa situs/website tertentu. Baik yang bisa diakses secara gratis, maupun berbayar.

2. Jurnal

Selain buku, jurnal merupakan salah satu contoh literasi yang mungkin sering Anda gunakan sebagai bahan rujukan. Dimana yang dimaksud dengan literatur jurnal adalah sebuah sumber rujukan yang memuat salah satu maupun beberapa hasil penelitian.

Dibandingkan dengan yang lainnya, bisa dibilang, jurnal merupakan salah satu contoh literatur yang memiliki informasi yang valid. Mengapa dikatakan demikian? Karena pada umumnya, sebelum dipublikasikan, jurnal tersebut biasanya akan melewati proses seleksi terlebih dahulu.

3. Laporan Hasil Penelitian

Contoh lainnya dari literatur adalah laporan hasil penelitian. Sekilas, laporan hasil penelitian ini hampir sama dengan jurnal. Hanya saja yang membedakan antara keduanya yaitu, jika jurnal merupakan contoh hasil penelitian yang telah dipublikasikan. Maka tidak demikian dengan laporan hasil penelitian.

Dimana literatur penelitian adalah salah satu literatur yang berisi sebuah laporan mengenai penelitian tertentu, namun belum dapat dipublikasikan layaknya jurnal, karena alasan tertentu. Untuk memperoleh literatur yang satu ini, Anda bisa mengakses sejumlah situs/website tertentu.

4. Skripsi, Tesis, dan Juga Disertasi

Sama halnya dengan jurnal dan juga laporan hasil penelitian, skripsi, tesis, serta disertasi juga merupakan salah satu contoh literatur yang berisi informasi terhadap sejumlah penelitian. Hanya saja, dalam skripsi, tesis dan disertasi ini, topik yang diteliti jauh lebih spesifik dari kedua literatur tersebut.

Sementara yang membedakan antara skripsi, tesis dan disertasi ini hanyalah tingkatan akademik dari pembuatnya. Dimana seperti yang Anda ketahui, bahwa skripsi adalah literatur yang dibuat sebagai tugas akhir mahasiswa setingkat sarjana (S1). Sedangkan tesis untuk S2, dan disertasi untuk S3.

Selain beberapa contoh di atas, ada beberapa contoh literatur lainnya yang mungkin saja sering Anda lupakan. Beberapa diantaranya seperti peta, rekaman video/audio, gambar/foto, internet, database, buku petunjuk/pedoman, prosiding dari sebuah seminar, dan sebagainya.

Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa literatur adalah bagian dari literasi, yang diartikan sebagai rujukan untuk berbagai kegiatan/aktivitas tertentu. Dari sekian banyak contoh literatur di atas, literatur manakah yang sering Anda gunakan untuk mengakses informasi maupun untuk membuat karya tulis?

Posting Komentar